Tips Merawat Hamster

Tips Merawat Hamster

- in Artikel
133
0

Teropongonline, Medan-Hamster atau dalam bahasa latin Cricetinae, merupakan salah satu jenis hewan pengerat. Hewan lucu ini memiliki bulu lembut yang tebal dan ekor pendek. Hamster tentu saja dapat dipelihara di rumah.

Nah sobat pong-pong, sebelum memelihara hamster, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis nya terlebih dahulu. Berikut jenis-jenis hamster yang dikenal secara umum:

  1. Hamster syrian (Mesocricetus auratus)
    Hamster ini adalah hamster terbesar di antara hamster jenis lainnya. Sesuai namanya, hamster ini berasal dari Syria. Hamster Syrian termasuk hamster yang ramah dan jinak kepada manusia.
  2. Hamster roborovski (Phodopus roborovskii)
    Hamster ini adalah spesies hamster yang terkecil dan tercepat dari semua hamster dimana paling sering disimpan sebagai binatang peliharaan.
  3. Hamster Winter White (Phodopus sungorus)
    Hamster ini hampir mirip dengan hamster roborovski, hanya saja varian warna hamster winter white lebih sedikit dan tidak terlalu bervariasi.
  4. Hamster Campbell (Phodopus campbelli)
    Hamster ini memiliki macam-macam variasi warna dan terkenal cenderung lebih galak daripada hamster Syrian.

Itu dia 4 jenis hamster yang dikenal secara umum. Selanjutnya mari kita membahas tentang bagaimana cara merawat hamster.

  1. Berikan kandang yang luas
    Hamster merupakan hewan yang lumayan aktif bergerak dan bereksplorasi sama seperti jenis hewan pengerat lainnya, jadi dengan memberikan hamster kandang yang luas dapat mencegah stres pada hamster. Selain kandang yang luas setidaknya berikan beberapa mainan san alas kayu. Jangan lupa setidaknya bersihkan kandang hamster 3 hari sekali agar mengurangi bau pesing yang menyengat.
  2. Mandikan Hamster dengan Pasir Wangi
    Selain membersihkan kandang, kita juga harus menjaga kebersihan hamster, setidaknya mandikan Hamster dengan pasir wangi 2 hari sekali, agar mengurangi bau pada tubuh hamster. Hindari memandikan hamster dengan air.
  3. Jangan Terlalu Sering Memegang hamster
    Hamster merupakan hewan yang penakut jika terus-terusan di pegang maka ia akan mudah stres dan lebih cepat mati. Perlu diketahui jika baru pertama membeli hamster maka biarkan hamster membiasakan diri dengan kandang, sebisa mungkin hindari kontak langsung, itu akan membuat hamster semakin tidak nyaman.
  4. Beri Makan Sesuai Kebutuhan
    Dikutip dari wikihow.com Kebanyakan menu makanan hamster harus dibuat dari makanan hamster komersial. Biasanya makanan hamster dibuat dalam bentuk pelet atau campuran biji seperti kuaci. Makanan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hamster yang beragam. Hamster juga bisa diberi cemilan berupa jagung dan wortel. Perlu diperhatikan juga bahwa hamster tidak boleh di beeikan sembarang makanan itu akan merusak sistem pencernaan hamster.

Itu dia tips merawat hamster bagi pemula, semoga tips kali ini bermanfaat bagi kawan-kawan dan pencinta hewan lainnya.

Tr : Yowana Fadhilah

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Mahasiswa Merokok di Area Larangan Merokok

Teropongonline, Medan-Terlihat dua orang mahasiswa yang sedang merokok