LPM Teropong Gelar Pelatihan Straight News

LPM Teropong Gelar Pelatihan Straight News

- in Kabar Kampus
105
0

Teropongonline, Medan-Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui aplikasi Zoom dengan materi Straight News. Senin, (31/05/2021) siang.

Pelatihan SDM tersebut diisi oleh pemateri Nirwansyah Sukartara yang merupakan Wartawan Analisa dan Alumni LPM Teropong UMSU. Pelatihan ini juga diikuti puluhan kru LPM Teropong.

Pimpinan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yakni Nurul Hamdiah menjelaskan bahwa pelatihan ini untuk mengembangkan SDM Teropong dalam menulis berita.

“Pelatihan ini diselenggarakan untuk memberikan ilmu kepada SDM Teropong agar terpenuhi ilmu dalam bidang apapun yang di dapat dari LPM Teropong sendiri dan tujuannya untuk memacu SDM Teropong lebih baik lagi dalam pemberitaan, dan hal lainnya,” paparnya.

Sementara itu, Nirwansyah Sukartara selaku dalam materinya menjelaskan tugas dari seorang wartawan yang sebenarnya. “Wartawan itu tugasnya mencari sumber berita atau narasumber bukan berita karena berita bisa cari dimana-mana,” jelasnya .

Nirwan juga menambahkan penjelasan berbagai cara mencari sumber berita. “Sumber berita bisa dicari dengan observasi tempat, wawancara, temu pers/konferensi pers,” lanjutnya .

Ia juga menyampaikan jika berita yang disajikan harus dapat dimengerti oleh pembaca umum.

Meski pelatihan dilakukan secara virtual, peserta yang hadir ini pun terlihat antusias, tampak saat memasuki sesi diskusi beberapa peserta mengajukan pertanyaan lalu pemateri memaparkan jawabannya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pengoreksian tugas dan pemberian motivasi kepada seluruh peserta agar dalam menulis straight news.

Tr : Siti Rifani & Annisa Alivia
Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Mahasiswa Merokok di Area Larangan Merokok

Teropongonline, Medan-Terlihat dua orang mahasiswa yang sedang merokok