OIF UMSU Lakukan Pengamatan Gerhana Bulan Total

OIF UMSU Lakukan Pengamatan Gerhana Bulan Total

- in Terkini
96
0

Teropongonline, Medan-Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) lakukan pengamatan Gerhana Bulan Total di kampus Pascasarjana UMSU jalan Panglima Denai, Medan. Rabu, (26/05/2021).

Gerhana bulan total atau disebut sebagai Super Blood Moon yang terjadi pada hari ini dapat dilihat di seluruh Indonesia termasuk di kota Medan.

Pengamatan gerhana bulan total ini terkendala cuaca yang berawan sehingga penampakan gerhana menjadi kurang maksimal. “Kondisi cuaca yang sedikit berawan mengakibatkan penampakan gerhana tidak maksimal karena sebagian tertutup awan,” ujar Kepala OIF UMSU, Dr. Arwin Juli Rahmadi Butarbutar

Muhammad Hidayat M.Pd selaku Tim Peneliti OIF UMSU mengatakan dalam fenomena ini dimanfaatkan untuk melakukan penelitian.

“Adapun penelitian yang dilakukan seperti salah satunya untuk mengukur tingkat dan perubahan kecerahan langit, mengukur tingkat gravitasi suatu daerah apakah terjadi perubahan dan seberapa banyak perubahan gravitasi tersebut dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Gerhana yang terlihat khususnya di kota Medan adalah gerhana sebagian karena bulan belum terbit ketika waktu gerhana bulan total.

Muhammad Hidayat pun menambahkan kegiatan ini pun diikuti seluruh observatorium nasional. “Kegiatan ini pun diikuti seluruh observatorium nasional disitu juga banyak tokoh nasional astronomi yang bergabung sehingga kita bisa sharing di observasi virtual,” tambah Hidayat.

Teleskop yang digunakan pada kegiatan ini hanya satu dan lebih fokus pada satu teleskop yang bernama William optic 102 dengan kamera Canon 600.

Tr : Berry Sanjay & Dede Prasetyo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)