LPM Suara USU Gelar Kelas Wartawan

LPM Suara USU Gelar Kelas Wartawan

- in Terkini
136
0

Teropongonline, Medan-Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara USU menggelar Kelas Wartawan melalui aplikasi Zoom dengan materi Straight News Piramida Terbalik. Senin, (10/05/2021).
.
Program Kelas Wartawan tersebut diisi oleh pemateri Bambang Riyanto,S.S.,M. Si yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) serta seluruh kru LPM Suara USU.


.
Pemimpin Umum LPM Suara USU, Muhammad Fadhlan Amri dalam kata sambutan mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bekal untuk kru sebagai jurnalis kampus. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk bekal kita sebagai jurnalistik kampus, untuk itu jangan ragu bertanya dan mencatat materi yang disampaikan,” ujarnya.
.
Bersamaan dengan itu, Bambang Riyanto M. Si selaku pemateri, beliau mengatakan jika 5W + 1 H sangat penting untuk mendapatkan informasi yang lebih menarik. “Dari 5W+1H yang kita pelajari itu, ternyata memiliki banyak pertanyaan-pertanyaan dibelakangnya. Kalau ini bisa kalian pahami, kalian akan mendapatkan bukan hanya sekedar apa yang muncul dipermukaan, tetapi kalian akan mendapatkan cerita-cerita lain yang jauh lebih menarik dibalik sebuah peristiwa,” jelasnya.

.
Salah satu kru LPM Suara USU, Okto Situmeang mengajukan pertanyaan tentang struktur berita pada kesempatan ini. “Apakah struktur penulisan piramida terbalik ini yang membuat informasi utama di awal berita seperti paragraf lead ini yang cocok dalam penulisan berita di Lembaga Pers Mahasiswa ? lalu apakah tidak ada lagi struktur penulisan berita lain yang cocok untuk penulisan Straight News?,” tanyanya.
.
Menjawab pertanyaan tersebut, pemateri mengatakan jika teknik penulisan piramida terbalik berlaku di seluruh lembaga jurnalistik bahkan secara internasional.
.
“Struktur Ini bukan hanya di LPM tapi ini berlaku secara Internasional, jadi kita tidak membatasi walaupun dibilang hanya Lembaga Pers Mahasiswa, tapi yang saya sampaikan ini adalah informasi yang umum dan struktur piramida terbalik ini bukan hanya menentukan, tetapi sudah ada di buku-buku, sudah ada di teori-teori yang terkait dengan jurnalisme. Apakah cuma ini yang cocok untuk straight news, untuk saat ini belom ditemukan struktur yang baru,” Jawab Bambang selaku pemateri.

Tr : Annisa Alivia & Sonya Mayrevi
Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi