Ikigai: Konsep Hidup Bahagia

Ikigai: Konsep Hidup Bahagia

- in Artikel
669
0

Teropongonline, Medan-Kadangkala kita merasa kurang bergairah, tidak semangat dan malas. Seringkali kita juga merasa bosan, lelah, dan perasaan tak menentu saat menjalani rutinitas sehari hari. Nah, jika kita sering merasakan hal itu, maka kita harus menerapkan konsep ikigai tersebut. Bagaimana caranya?

Istilah Ikigai (生き甲斐) berasal dari bahasa Jepang. “Iki” berarti kehidupan, dan “Gai” berarti nilai. Jadi Ikigai adalah tujuan, alasan, dan nilai hidup untuk seseorang dalam menghadapi rutinitas sehari-hari. Dalam menerapkan konsep Ikigai, kita harus mengetahui empat elemen yang membentuk ikigai gairah (passion), misi (mission), profesi (profession), serta pekerjaan (vocation). Ketika nilai hidup kalian sudah bisa menggabungkan empat hal tersebut, maka itulah yang disebut ikigai.

  1. Passion 
    Passion dapat diartikan sebagai sesuatu yang kita senangi. Sesuatu yang membuat kita bergairah untuk melakukan hal tersebut dan merasa bahagia apabila melakukan hal tersebut, misalnya hobi ataupun kesenangan pribadi.
    Pada himpunan ‘What you love’ yang mana merupakan hal-hal yang kamu suka dan beririsan dengan himpunan ‘What you are good at’ yang mana merupakan hal-hal yang kamu bisa lakukan, maka himpunan yang terbentuk bisa kita sebut sebagai passion. Misalnya, kamu suka menulis dan sering membuat karangan/cerpen/dsb. Itu tandanya passion kamu adalah menulis.
  2. Profession
    Profession adalah sesuatu yang kita merasa ahli di bidangnya. 

ketika kamu memiliki hal yang kamu bisa, yang mana tadi adalah ‘What you are good at’ dan karena kemampuanmu itu kamu diberi bayaran, yakni himpunan ‘What you can be paid for’, maka hal tersebut adalah profesimu. Jika menggunakan contoh sebelumnya, apabila kamu menulis dan kamu dibayar atas apa yang kamu karyakan Misalnya, karena kamu pandai membuat karangan/cerpen/dsb, kamu dapat menjadi seorang jurnalis, maka jurnalis merupakan profession atau profesimu.

3. Vocation

Ketika kamu melakukan sesuatu hal untuk kebutuhan banyak orang, yang mana merupakan himpunan ‘Vocation‘ dan kamu melakukannya demi kebutuhan banyak orang, yang mana adalah himpunan ‘What the world needs’, maka hal tersebut disebut vocation atau keahlian.Misalnya, karena kamu bisa menulis, kamu dapat menuangkan hobi kamu untuk membuat opini mengenai perekonomian dunia/tulisan informatif lainnya yang berguna bagi semua orang.

4. Mission adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kita. ketika kamu memiliki suatu hal yang kamu suka, yang mana adalah ‘What you love’ dan hal yang kamu suka ternyata sesuai dengan apa yang dibutuhkan banyak orang, yang mana adalah himpunan ‘What the world needs’, maka bisa dibilang bahwa kamu sedang memiliki misi atau mission. Misalnya, karena kamu suka menulis dan membagikan tulisan secara online dalam sebuah platform web (blog) maka misi kamu adalah menciptakan konten berkualitas yang berguna bagi pengguna internet.

Nah, itulah konsep dan nilai hidup dari Ikigai. Apakah kamu sudah merasa menemukan Ikigai dalam hidup kamu? Atau bahkan, mungkin sudah ada yang selama ini menjalani hidup dengan konsep Ikigai?

Ketika seseorang sudah menemukan sisi Ikigainya, sesulit apapun cobaan yang sedang ia hadapi, ia akan terus bergerak maju dan jauh dari tekanan.

Selamat menemukan Ikigai kalian!

Tr : Anggi Syahfitri

Sumber Foto : pinterest.com

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan