Drama Korea Bukan Hanya Sebagai Hiburan Melainkan Media Pembelajaran

Drama Korea Bukan Hanya Sebagai Hiburan Melainkan Media Pembelajaran

- in Artikel
72
0

Teropongonline, Medan-Bagi sebagian orang Drakor atau Drama Korea merupakan sebuah hiburan semata. Akan tetapi dalam kenyataannya Drakor bukan hanya sekedar hiburan melainkan media pembelajaran.

.

Banyak sekali Drakor yang memberikan pembelajaran kepada para penonton, contohnya Dr. Romantic 1 dan 2 yang memberikan pembelajaran di bidang kedokteran, lalu Itaewon Class yang menayangkan tentang bagaimana mendirikan sebuah usaha kecil-kecilan dan menerapkan problem solving yang muncul, dan juga Fix You (Soul Mechanic) yang membahas tentang bagaimana pentingnya kesehatan mental itu dan dalam drama itu juga para penonton diberitahukan tentang macam-macam penyakit mental yang tidak banyak orang tau.

.
Kali ini akan membahas tentang kepribadian ambang yang terdapat dalam drama Fix You (Soul Mechanic). Apakah kamu pernah berpikir bahwa emosi yang selama ini kamu keluarkan sebenarnya adalah sebuah penyakit mental? Nah di sini lah akan di bahas sebenarnya apa sih kepribadian ambang itu?

.
Kepribadian ambang atau Borderline Personality Disorder (BPD) adalah penyakit mental serius yang memengaruhi cara seseorang berpikir dan merasakan tentang dirinya sendiri dan orang lain. Pengidap gangguan tersebut mengalami masalah fungsi dalam kehidupannya sehari-hari, seperti memiliki masalah dengan citra diri, sulit mengatur emosi dan perilaku, serta memiliki hubungan yang tidak stabil.

.

Pengidap gangguan kepribadian ambang memiliki ciri-ciri sangat takut akan pengabaian dan tidak bisa menoleransi kesendirian. Ia juga memiliki suasana hati yang sering berubah-ubah, bersikap impulsif dan marah-marah. BPD biasanya dimulai pada masa dewasa awal, namun kadang-kadang kemunculan gangguan mental tersebut tidak disadari oleh pengidapnya.

.

Lalu apa sih gejala BPD itu?

  1. Berusaha keras agar orang lain tidak mengabaikan atau meninggalkannya.
  2. Memiliki pola hubungan yang intens dan tidak stabil dengan keluarga, teman, dan orang yang dicintai.
  3. Memiliki citra diri atau perasaan diri yang terdistorsi dan tidak stabil.
  4. Menunjukkan perilaku impulsif dan cenderung berbahaya.
  5. Menyakiti diri sendiri atau mencoba berulang kali untuk bunuh diri.
  6. Memiliki suasana hati yang intens dan mudah berubah yang dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari.
  7. Perasaan kosong yang terus-menerus.
  8. Menunjukkan kemarahan yang berlebihan dan intens, atau sulit untuk mengendalikan kemarahan.

.

Meskipun BPD adalah termasuk penyakit yang sulit diobati, bukan berarti tidak bisa. BPD dapat dilakukan pengobatan berupa psikoterapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Nah, setelah mengetahui gejalanya apakah kamu masih mau menutup mata rapat-rapat tentang penyakit mental?

.

Meskipun ada pengobatannya, pencegahan di awal menjadi hal yang harus dilakukan agar tidak menjadi lebih rumit. Untuk semua orang yang membaca ini, kamu jangan pernah menutup mata dan telinga tentang kesehatan mental. Lebih baik dicegah daripada dibiarkan dan makin parah. Kamu, pantas hidup bahagia.

Tr : Amita Aprilia

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi