Penyebab Salah Pilih Jurusan

Penyebab Salah Pilih Jurusan

- in Infografik
75
0

Teropongonline, Medan-Setelah lulus, kebanyakan siswa SMA akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tapi di situlah munculah beberapa pertanyaan yang membingungkan. Misalnya ingin kuliah di mana dan ingin mengambil jurusan apa?

Makanya tidak sedikit dari siswa SMA yang akhirnya salah mengambil jurusan. Sebenarnya apa sih penyebab seseorang bisa salah jurusan?

  1. Kurang riset terhadap jurusan yang ingin diambil

Dengan informasi yang kurang akurat, tak jarang mereka akan berkspektasi terlalu tinggi. Nah, saat di pertengahan semester ternyata ekspektasinya tidak sesuai.

2. Belum menemukan passion

Masa-masa SMA memang merupakan masa-masa seseorang masih mencari passion. Terkadang mereka masih bingung passion mereka itu di bidang apa. Saat menentukan jurusan kuliah, tak jarang calon mahasiswa ini asal ambil jurusan saja. Sehingga kasus salah jurusan pun bisa dialami oleh mereka.

3. Ikut-ikutan teman

Walaupun sebenarnya dia tidak ada minat di jurusan tersebut, tetapi dia tetap mengambil jurusan tersebut karena teman-temannya banyak di jurusan itu.

4. Keinginan orangtua

Terkadang ada kasus di mana seseorang kuliah karena keinginan orang tuanya. Misalnya dia ingin kuliah di jurusan manajemen, sedangkan orang tuanya ingin dia kuliah di jurusan akuntansi. Akhirnya dia mengambil jurusan tersebut karena keinginan orangtuanya.

5. Gengsi

Gengsi merupakan hal yang paling fatal penyebab seseorang salah jurusan. Biasanya seseorang yang gengsi akan kuliah di kampus ternama dengan jurusan yang banyak peminatnya. Padahal minatnya bukan pada bidang tersebut. Semua itu dilakukan karena dia hanya ingin dipandang saja.

Sumber : idntimes

Tr : Marizkya Nabilla

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Perbedaan Sakit Kepala Biasa Dengan Vertigo

Teropongonline, Medan-Masih banyak orang yang menganggap semua sakit