Hal-hal yang Merugikan Pada Saat Puasa

Hal-hal yang Merugikan Pada Saat Puasa

- in Artikel
926
0

Teropongonline, Medan-Ramadan (/ˌræməˈdɑːn/; bahasa Arab: رمضان‎ Ramaḍān, IPA: [ramaˈdˤaːn];juga diromanisasikan sebagai Ramazan, Ramadhan, atau Ramathan) adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim.

Puasa Ramadan merupakan salah satu dari rukun Islam. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tertulis dalam hadis.

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Puasa Ramadhan dalam hukumnya merupakan fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi.

Sobat pong-pong dibulan ramadhan ini memiliki pahala yang besar maka rugi banget jika kamu tidak meanfaatkannya atau melanggar aturanya dengan sengaja.
Nah ada bebera hal yang bisa bikin puasa kamu dibulan ini tidak sia sia, yuk biar optimal mari kita kurangi hal berikut.

  1. Banyak Mengeluh
    Puasa untuk melatih diri kita tidak mengeluh pada apapun termasuk lapar dan dahaga, meski sepele mengeluh bisa mengurangi pahala puasa.
  2. Tidur berlebihan
    Beberapa orang memanfaatkan puasa untuk tidak bekerja, kurang produktif, dan hanya tidur-tiduran saja dengan dalih lemas.Meski ada hadis yang menyebut, ‘tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya diterima, dan pahalanya dilipatgandakan’ namun disebutkan oleh tiga perawi bahwa hadis tersebut lemah, mengutip IslamQA.
    Selain itu, menghabiskan sepanjang waktu puasa hanya untuk tidur justru bertentangan dengan yang dilakukan Nabi. Kendati berpuasa, jangan sampai mengubah jadwal kerja atau aktivitas rutin Anda, ya.

Tidur boleh, tapi sewajarnya saja–tidak kurang maupun berlebihan karena keduanya sama-sama berbahaya bagi kesehatan. Jadi tetap beraktivitas seperti biasa meski sedang berpuasa.

3. Makan berlebihan saat sahur dan berbuka puasa

Puasa juga melatih kita mengontrol diri dan mendisiplinkan tubuh dari segala makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Nabi Muhammad mengajarkan untuk tidak berlebih-lebihan dan mengendalikan diri dalam semua aspek kehidupan, serta melarang kita untuk menyakiti diri kita sendiri, orang lain, atau alam.

Sebab, mengonsumsi makanan yang berlebihan hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi meski sepanjang hari Anda menahan lapar, jangan balas dendam saat berbuka atau sahur. Tetap makan seperti biasa dalam jumlah sedang.

Selain itu, makanlah makanan bergizi, bukan makanan cepat saji dan tinggi kalori. Manfaatkan momen Ramadan ini dengan memasak makanan sehat sendiri.

4. Terlalu sering berkumur kumur

Mirip seperti mencicipi masakan, menyikat gigi dan berkumur terlalu sering dapat mengurangi pahala puasa. Saat puasa, mulut memang terasa kering dan beraroma tak segar, tapi cobalah tahan keinginan untuk berkumur.

Berkumur bisa jadi hal yang mengurangi pahala puasa karena dikhawatirkan ada air yang mengalir ke tenggorokan. Meski masuknya air bisa jadi tidak sengaja, puasa bisa saja batal.

Dr. Tamer Mohsin Abusalah dari Burjeel Dental Clinic menyarankan boleh menyikat gigi dan berkumur agar gigi dan gusi tetap sehat. Tapi waktu yang terbaik disarankan di luar jam puasa, sebagai antisipasi ada air atau pasta gigi yang tertelan, mengutip Khaleej Times.

Alternatif membersihkan gigi selama puasa juga bisa menggunakan siwak, atau ranting pembersih gigi yang terbuat dari Salvadora Persica atau pohon mustard.

Cara selain menyikat gigi untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, antara lain perbanyak makan buah-buahan dan sayuran dan menghindari makanan yang asin atau gorengan; mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, soda; dan jangan merokok.

5. Menonton dan membagikan video makanan.
Saat bulan puasa tidak baik loh menonton terlalu sering tentang makanan/ share. Dikarenakan dapat membuat pahala berkurang loh. Mending nonton yang berfaedah, seperti acara tausyiah dan yang lainya.

6. Emosi berlebihan
Dibulan suci ini, kita diajarakan untuk tetap sabar, Disamping hawa nafsu, kita juga perlu menahan emosi atau kemarahan selama berpuasa. Jika seseorang yang sedang berpuasa tidak mampu mengekang emosi (marah-marah secara kasar), maka puasanya batal. Dan jika orang itu tetap melanjutkan puasanya, maka dia hanya sekedar menahan lapar dan dahaga tanpa mendapat pahala.

Nah itu tadi sobat pong-pong 6 hal yang bisa merugikan ibadah puasamu. Jadi mari kita gunakan waktu ramadhan ini sebaik mungkin yaa.

Tr : Khoirunnisyah Piliang

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan