UMSU Jadi Fasilitator Sosialisasi Program IISMA

UMSU Jadi Fasilitator Sosialisasi Program IISMA

- in Terkini
181
0

Teropongonline, Medan-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi fasilitator dalam kegiatan Sosialisasi Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2021. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom dan live youtube. Selasa, (20/04/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III UMSU Dr. Rudianto, M. Si, Wakil Ketua Subpokja Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia, Kemendikbud Dr. Eng. Rachmat Sriwijaya, S.T., IPM, ASEAN Eng, Koordinator Komunikasi Subpokja Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia, Kemendikbud Kenrick S.T, Koordinator Administrasi dan Kerjasama Subpokja Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia, Kemendikbud Elvira, F. Tanjung, P.h.D, Direktur Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI) UMSU dr. Eka Airlangga, M. Ked(Ped)., Sp. A, Kepala Biro Kemahasiswaan (KABIMAWA), Radiman S.E, M.Si, perwakilan dosen dan mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi yang terdaftar menjadi peserta Sosialisasi IISMA 2021.

Dalam kata sambutannya, Dr. Rudianto, M. Si mengucapkan terima kasih karena UMSU sudah dipercaya menjadi fasilitator dalam kegiatan sosialisi.

“Setelah tadi pagi sosialisasi pertama diadakan di Universitas Padjajaran Bandung melalui daring, selanjutnya kami berterima kasih karena telah dipercaya menjadi fasilitator dalam rangkaian sosialiasi kedua dalam program IISMA tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia,” ujarnya.

Ia menceritakan bahwa program pertukaran pelajar sejak awal sudah banyak menjadi incaran mahasiswa.

“Program pertukaran pelajar ini sejak awal sudah banyak menjadi pertanyaan dari banyak mahasiswa. Bagaimana cara mengikutinya, bagaimana strateginya, bagaimana detailnya dan sebaginya. Apalagi kita dengar setidaknya ada 300 Perguruan Tinggi yang bergabung dalam program ini,” ujarnya

Rachmat Sriwijaya selaku Wakil Ketua Subpokja Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia, Kemendikbud
memberikan kata sambutan, arahan, sekaligus membuka kegiatan ini.

“IISMA adalah program baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya. IISMA merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan global mahasiswa sekalian sehingga akan melengkapi kompetensi dasar dari program studi masing-masing,” ujarnya

Rachmat juga mengatakan jika program ini berperan untuk kemajuan bangsa Indonesia dimasa mendatang.

“Kesempatan ini baik untuk mendapatkan pengalaman belajar dan berinteraksi, mengetahui kehidupan di Perguruan Tinggi atau negara luar. Nantinya kalian bisa mengambil manfaat dari program ini untuk kemajuan bangsa Indonesia dimasa mendatang yang bertumpu kepada anda sebagai penerus dimasa yang akan datang,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Kenrick S.T juga menyampaikan tujuan dari Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA).

“Tujuan dari program ini adalah menyediakan kesempatan untuk mahasiswa program sarjana di Indonesia untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, bertukar gagasan dan budaya, dan mengembangkan jejaring dengan mahasiswa dan akademisi di perguruan tinggi luar negeri sehingga menjadi sarjana yang berwawasan global,” jelasnya.

Tr : Dwi Rizka Aryanti
Editor : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim