PC IMM Kota Medan Gelar Seminar Kebangsaan

PC IMM Kota Medan Gelar Seminar Kebangsaan

- in Terkini
119
0

Teropongumsu, Medan-Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC-IMM) Kota Medan adakan Seminar Kebangsaan dan Pengumuman Pemenang lomba Essay dan Vlog dengan tema “Peran Mahasiswa Sebagai Agent Terhadap Penegakan Hukum di Indonesia”. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri Medan dan aplikasi Zoom. Selasa, (20/04/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Medan, Teuku Rahmatsyah, S.H., M.H, Dosen FISIP UMSU sekaligus pengamat tokoh politik Shohibul Anshor Siregar, M. Si, dan perwakilan dari 21 komisariat IMM sekota Medan.

Dalam sambutannya, Tengku Suhaimi. H. Putra, S.H selaku Ketua Umum PC IMM Kota Medan mengatakan bahwa mahasiswa sebagai sosial kontrol masyarakat harus benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kita sebagai mahasiswa yang fungsinya sebagai sosial kontrol masyarakat harus benar-benar memberikan manfaat pula untuk masyarakat. Kegiatan ini adalah bentuk kerjasama antara Kejaksaan Negeri Medan dengan IMM Kota Medan yang bertujuan untuk memberi wadah kawan-kawan untuk menyampaikan aspirasi atau gagasan pemikirian terhadap kemajuan penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Teuku Rahmatsyah sebagai Pembicara mengajak mahasiswa untuk mencegah perbuatan yang merugikan.

“Kami mengajak mahasiswa sebagai generasi milenial untuk tanggap memerangi segala perbuatan yang merugikan, merusak moral, dan menimbulkan keresahan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ia juga menambahkan langkah yang harus dilakukan setelah mengikuti kegiatan seminar ini salah satunya adalah dengan ikut mencegah tindakan korupsi. “Yang harus kita lakukan setelah kegiatan ini adalah mahasiswa harus bisa mencegah tindakan korupsi, mencegah prostitusi online, dan menangkal pemberitaan hoax dimedia sosial,” tambahnya.

Shohibul Anshor Siregar, M. Si mengatakan peran mahasiswa Indonesia adalah mendorong perombakan legal framework demokrasi dan politik.

“Mahasiswa Indonesia harus bisa berperan untuk mendorong perombakan legal framework demokrasi dan politik dengan merujuk kepada pembukan UUD 1945, selain itu mahasiswa harus bisa mendorong negara memenuhi tuntutan Universal Basic Income dan Job Guarantee yang tertera pada pasal 27 ayat 2 UUD 1945,” jelasnya.

Selain Seminar Kebangsaan, diakhir acara juga dilakukan pengumuman pemenang lomba essay dan vlog.

Tr : Dwi Rizka Aryanti

Editor : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8