Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

- in Artikel
130
0

Teropongonline, Medan-Berpuasa di bulan suci ramadhan menjadi hal wajib bagi umat muslim di seluruh dunia. Berpuasa di bulan ramadhan ternyata bukan semata – mata menahan haus dan lapar saja, tetapi juga baik untuk kesehatan loh. Bahkan, puasa disebut bisa memberi dampak baik secara psikis. Orang yang menjalankan puasa disebut lebih mampu dalam mengatasi stres dan depresi. itu merupakan dampak dari “belajar mengendalikan diri” selama berpuasa.

Tetapi, untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada baiknya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Pasalnya, puasa yang tidak dilakukan dengan benar malah bisa membawa dampak buruk. 

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami perubahan dan proses adaptasi. Ini berkaitan dengan pentingnya sahur sebelum puasa. Tubuh membutuhkan waktu sedikitnya delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu, yaitu melalui sahur.

Oleh sebab itu,  sangat penting untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi saat makan sahur. Tubuh manusia membutuhkan asupan berupa karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral, serta gula sebagai sumber energi utama. Jangan lupa, penuhi juga asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi cukup air putih saat sahur.

Apa saja sih  manfaat puasa bagi kesehatan? Yuk simak manfaat puasa bagi kesehatan.• Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.• Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik. Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

1 .Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpuasa sebulan sekali memiliki resiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Orang yang berpuasa disebut memiliki jantung yang lebih sehat dibanding yang tidak berpuasa. Oleh sebab itu jantung menjadi lebih sehat.

2. Mengurangi resiko terinfeksi penyakit

Puasa bisa membantu menjauhkan berbagai penyakit. Rutin berpuasa dengan benar dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis. Akibatnya tubuh menjadi lebih sehat.

3.Mendapatkan berat badan ideal

Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan. Itu yang kemudian membuat puasa bisa memberi dampak berupa penurunan berat badan, dengan puasa membuat tubuh lebih ringan tanpa harus melakukan diet yang berbahaya. Tentu saja berat badan juga menjadi lebih sehat dan ideal.

4. Berpotensi meningkatkan kesehatan otak.

Puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel saraf untuk meningkatkan fungsi kognitif. Karena puasa dapat mengurangi peradangan, puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Maka dari itu, kesehatan otak saat puasa cenderung lebih sehat.

5. Mengontrol gula darah. 

Puasa dalam rentang waktu tertentu dapat signifikan menurunkan kadar gula darah. pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat orang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin. Dengan mengurangi resistensi insulin, sensitivitas tubuh terhadap insulin dapat meningkat. Sehingga glukosa dari aliran darah bisa berpindah ke sel tubuh lebih efisien. gula darah seseorang saat berpuasa juga cenderung menurun. manfaat puasa bagi kesehatan ini dapat berguna bagi orang yang berisiko diabetes. Oleh sebab itu, puasa juga dapat mengurangi penyakit diabetes karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Tr : Iin Azrine

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Mahasiswa Langgar Aturan Merokok di Kampus

Teropongonline, Medan-Terlihat dua orang mahasiswa yang sedang merokok