Meski Hilal Tidak Terlihat di OIF UMSU, Awal Ramadhan Tetap 13 April 2021

Meski Hilal Tidak Terlihat di OIF UMSU, Awal Ramadhan Tetap 13 April 2021

- in Terkini
159
0

Teropongonline, Medan-Pengamatan hilal yang dilaksanakan oleh Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menghasilkan keputusan 01 Ramadhan 1442 H bertepatan dengan 13 April 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Pascasarjana UMSU (12/04/2021) ini dihadiri oleh tamu istimewa seperti, Walikota Medan yakni M Bobby Afif Nasution, S.E,M.M, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan, Rektor UMSU yakni Dr. Agussani M. AP, Kepala OIF UMSU Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar- Butar, M.A dan lainnya.

Dr. H. Hassan Matsum M. Ag selaku Ketua MUI Medan menjelaskan alasan hilal tidak dapat terlihat pada pengamatan kali ini.

“Kesempatan kali ini tidak memungkinkan melihat hilal itu disebabkan karena hilal bulan masih sangat rendah, baru tiga derajat, kalau biasanya tujuh derajat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan jika 01 Ramadhan 1442 H tetap akan jatuh pada 13 April 2021.

“Kita berkeyakinan dengan dua sampai tiga derajat seluruh Indonesia sesuai dengan kesepakatan negara MABIMS yakni Malaysia, Indonesia Brunei dan Singapura, InsyaAllah besok kita sudah melaksanakan puasa Ramadhan karena umur bulan telah lebih dari delapan jam,” tambahnya.

Senada, Walikota Medan, M. Bobby Afif Nasution, S.E, M.M yang berhadir juga mengatakan jika 13 April 2021 merupakan awal Ramadhan 1442 H.

“Tadi seperti yang disampaikan ustadz, karena posisinya hari ini mungkin ketinggiannya kurang dan di Medan tadi disampaikan kabutnya tinggi jadi hilal tidak terlihat, tapi dengan alasan yang sudah dijelaskan, besok kita sudah berpuasa” ujarnya.

Meski dihadiri beberapa tokoh penting, Acara ini tetap mematuhi protokol kesehatan, tampak tamu undangan dan awak media memakai masker dan protokol kesehatan lainnya.

Tr : Mhd. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Mahasiswa Langgar Aturan Merokok di Kampus

Teropongonline, Medan-Terlihat dua orang mahasiswa yang sedang merokok