Webinar Nasional LPM Obsesi

Webinar Nasional LPM Obsesi

- in Terkini
164
0

Teropongonline, Medan-Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Obsesi mengadakan Webinar Nasional dengan tema “Tantangan & Strategi Jurnalis Independen di Era Disrupsi”. Kegiatan ini dilaksanakan melalui via Zoom. Sabtu, (10/04/2021).

.
Acara ini dihadiri oleh General Manager News Daily & News Gathering TvOne, Ecep Suwardani Yasa Muslim, Jurnalis Harian Kompas, Irma Tambunan, Pembina LPM Obsesi, Abdul Wahid B.S, S.s., dan Demisioner Wakil Pemimpin Umum LPM Obsesi, Riza Hanifah A.

.
Risa Nurazizah Hanum selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan dari tema tersebut agar kita sadar dan dituntut objektif dalam informasi. “Agar kita sadar dan dituntut objektif dalam memberikan informasi bagi pers dan dituntut aktif dalam jembatan informasi yang sangat penting,” Ucapnya.

.
Media konvensional berlomba-lomba untuk masuk ke gerai media termasuk pelaku medianya seperti jurnalisme warga yang tidak asing lagi bagi masyarakat.

.
Pembina LPM Obsesi mengatakan jurnalisme warga dimaknai siapa saja bisa menjadi jurnalis. “Jurnalisme warga dimaknai siapa saja bisa menjadi jurnalis, menulis dan mengunggah berita. Kondisi ini menjadi tantangan bagi para jurnalis profesional, yang harus mampu beradaptasi dengan berkembang nya informasi yang mengarah ke media baru namun juga harus tetap menjaga etika jurnalistik,” Katanya.

.
Saat ini masyarakat dihadapkan oleh dua model arus pemberitaan, pertama banyak tersebar pemberitaan yang sangat menarik tetapi tidak begitu penting, kedua berita yang sangat penting tapi tidak banyak diberitakan.

.
Ia juga memberi tahu jalan jurnalistik yang mampu melewati era disrupsi. “Sebuah era terjadinya Inovasi dan perubahan besar-besaran secara fundamental, mengubah semua sistem tatanan yang ada ke cara cara yang baru,” Lanjutnya.

.
Risa Nurazizah mengatakan banyak kendala yang dihadapi. “Banyak kendala yang dihadapi karena ini merupakan webinar pertama kita selenggarakan, tapi itu bukan menjadi hambatan untuk mensukseskan acara ini,” Katanya.

.
Lanjutnya, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terkait terutama teman-teman panitia webinar kali ini,” Ungkapnya.

.
Independen juga merupakan hal yang penting bagi pers. Independen ini juga bukan hanya di dalam diri seorang pers namun sebagai tempat yang menaunginya dan wadah dari jurnalis pun harus la independen.

Tr : Berry Sanjay

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8