Tata Cara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes

Tata Cara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes

- in Infografik
133
0

Teropongonline, Medan-Guna mencegah peningkatan Covid-19 yang sudah berlangsung di bulan Maret 2020, Kemenkes (Kementrian Kesehatan) telah gencar untuk menerapkan persiapan dan simulasi vaksinasi Covid-19 di beberapa rumah sakit.

Hal pertama yang dilakukan pastilah terlebih dahulu melakukan Pendaftaran dengan mengisi data identitas diri, dan riwayat penyakit terdahulu.

Setelah itu, penerima vaksin diarahkan ke meja skrining untuk menentukan apakah sudah sesuai dengan kriteria penerima vaksin, jika sudah memenuhi keriterianya, maka dilanjutkan dengan pemberian vaksin.

Tahap selanjutnya yaitu menuju meja observasi selama 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak (mengutip keterangan resmi Kemenkes).
Setelah 30 menit menunggu penerima vaksin bisa meninggalkan ruangan.

Jika terjadi gejala sesampainya di rumah atau pun beberapa hari setelah vaksinasi tersebut segeralah periksakan ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat. Dan untuk observasi lebih lanjutnya penerima vaksinasi diminta kembali ke rumah sakit tempat vaksinasi tersebut.

Menurut Presiden Jokowi Widodo, vaksinasi sangatlah penting untuk kekebalan Immunity untuk menghentikan pandemi.

“Kita patut bersyukur karena bangsa Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat untuk mendapatkan vaksin dari berbagai negara di dunia,” kata Presiden Jokowi Widodo saat memberikan sambutan dalam acara Temu Nasional Relawan Jokowi 2021 secara daring, Kamis (25/3/2021, Dilangsir di kompas.com)

Tr : Atikah Khairunna
Editor : Berry Sanjay

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali