Bersama Google News Initiative, AJI Medan Gelar Webinar Jurnalisme Warga

Bersama Google News Initiative, AJI Medan Gelar Webinar Jurnalisme Warga

- in Terkini
120
0

Teropongonline, Medan-Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan dan Google News Initiative menggelar Webinar Series bertema “Jurnalis Warga, Ujung Tombak Pengabar Bencana” melalui aplikasi zoom. Jum’at (26/03/2021).

Acara yang digelar secara daring ini dihadiri dua orang narasumber yakni, Oscar Motuloh yang merupakan Kepala Divisi Museum dan Galeri Foto jurnalistik ANTARA dan Pengabar Erupsi Gunung Sinabung, yaitu Sarianto Sembiring.

Liston Damanik, Selaku Ketua AJI Medan menjelaskan mengenai terselenggaranya acara webinar tersebut “Acara ini kerjasama antara AJI dan Google News Initiative. Khusus untuk webinar kali ini kami dipercaya untuk menggelar di kota Medan dengan tema kebencanaan,” ujarnya.

Ia juga memaparkan alasan pemilihan tema pada webinar ini. “Webinar ini bertemakan kebencanaan, karena memang isu ini sangat penting, mengingat Indonesia ini adalah negara yang banyak memiliki daerah rawan bencana, terkait itu juga banyak berita bencana hoax yang dapat merugikan banyak orang,” tambahnya.

Webinar ini juga diikuti sekitar 150 peserta dari berbagai kalangan yang berasal dari kota Medan dan juga luar Sumatera Utara seperti, Palembang, Jogjakarta, Jakarta, Lombok dan Palu.

Liston juga menyampaikan harapan AJI Medan atas digelarnya webinar jurnalisme warga ini. “Semoga kita bisa aktif, terlibat membentuk ekosistem informasi kebencanaan yang handal dan jurnalis warga dapat dianggap sebagai tugas atau kegiatan yang serius dan berguna,” ujarnya.

Meski digelar secara daring, peserta terlihat aktif dalam mengikuti acara, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberi oleh peserta kepada narasumber. Webinar ini ditutup dengan pengumuman doorprize untuk peserta terpilih.

Tr : M. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim