Tidak Ada Berita Seharga Nyawa

Tidak Ada Berita Seharga Nyawa

- in Terkini
194
0

Teropongonline, Medan-Pada 2016 hingga 2021, menurut data LBH Pers terdapat 117 data kekerasan terhadap kebebasan pers yang terhimpun. Ade Wahyudin selaku Direktur Eksekutif LBH Pers mengatakan overview kondisi kebebasan pers dirangkum dalam empat poin. Rabu, (24/03/21).

” Hal yang pertama yaitu tingginya terjadi kekerasan, selanjutnya impunitas terhadap pelaku kekerasan dan minimnya pemahaman aparat tentang UU Pers, banyaknya regulasi yang multitafsir sehingga menjebak pers, dan keengganan membela diri serta kualitas jurnalisme yang buruk,” ucap Ade.

Terjadinya kekerasan pada jurnalis bukan tanpa sebab, melainkan karena tidak adanya pemahaman terhadap protokol keamanan dan kurang adanya regulasi perusahan media yang ingin melindungi.

Sering dijumpai dilapangan saat kasus pemberitaan dianggap kelompok elit publik itu negatif, seorang jurnalis harus menghadapinya sendiri, padahal menurut Ina Gustinawati selaku Pemimpin Redaksi (Pemred Liputan 6. com) ini perlu diluruskan.

“Jika jurnalis ataupun reporter mendapatkan ancaman terhadap pemberitaan maka itu seharusnya tanggung jawab pemimpin redaksi karena berita telah tayang, seperti Liputan 6, saat ini yang menekankan liputan lingkungan di setiap daerahnya bukan tidak mendapatkan ancaman namun saya lah yang bertanggung jawab jika berita telah dimuat,” Jelas Ina saat meluruskan kekerasaan pada jurnalis lingkungan.

Adapun beberapa pasal yang sering digunakan untuk menjerat jurnalis diantaranya pasal 310 ayat (1)&(2) KUHP mengenai pencemaran nama baik, pasal 312 KUHP mengenai penghinaan, pasal 27 ayat (3) UU ITE mengenai pencemaran nama baik, pasal 28 ayat (1) UU ITE mengenai ujaran kebencian, dan pasal 28 ayat (2) UU ITE mengenai berita bohong

Disisi lain, Peter ter Velder Koordinator Keamanan Penyiaran Belanda menanggapi bahwa alasan protokol keamanan bagi jurnalis di Indonesia tidak kokoh dikarenakan wilayah yang luas dan negara kepulauan, ini berbeda dengan Belanda.

” Jika dilihat dari segi geografis Indonesia negara yang luas, jika dibandingkan Belanda dengan wilayah yang kecil dengan pulau – pulau di Indonesia,” kata Peter.

Tr: muhammadryzkialhaj

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sudut Pandang Mahasiswa Terhadap Privilege dari Good Looking

Teropongonline, Medan – Berpenampilan menarik saat ini kerap