“Tips membangun komunikasi dengan baik”

“Tips membangun komunikasi dengan baik”

- in Artikel
80
0

Sudah tidak asing lagi bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk sosial. Berkomunikasi antar sesama menjadi hal dasar yang dilakukan manusia setiap saat tanpa sadar. 

Sebagai pribadi yang hidup di dalam lapisan masyarakat kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik selagi melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.


Bahkan dari saat kita masih bayi, ketika haus dan lapar maka seorang bayi akan mencoba mengkomunikasikan kepada orang tuanya dengan cara menangis. Berkomunikasi sudah menjadi bagian dalam hidup kita. Namun, tidak semua orang memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif. Apalagi jika Anda seorang pengusaha, dimana keahlian dalam komunikasi sangat diperlukan. Berikut tips yang bisa Anda coba:

  1. Penyampaian yang Ringkas dan Jelas
    Menyampaikan sebuah pesan atau maksud dengan singkat dan sederhana adalah salah satu ciri komunikasi yang efektif. Sebisa mungkin berikan informasi secara langsung sesuai dengan inti dari maksud yang akan disampaikan. Hindari penyampaian informasi yang tidak sesuai atau bertele-tele saat melakukan diskusi atau berbicara. Karena ini justru akan membingungkan dan membuat orang bosan. Namun usahakan agar tetap sopan dan tidak terburu-buru supaya bisa didengar dengan baik.
  2. Beritahu Secara Detail
    Selalu biasakan menyampaikan informasi secara rinci untuk menghindari pertanyaan lebih lanjut. Menyampaikan informasi dengan lebih spesifik akan membantu lawan bicara lebih mengerti apa yang dimaksud oleh kita. Tidak semua orang bisa mengerti apa isi pikiran kita bukan? Ungkapkan hal yang ingin disampaikan beserta detail-detail kecilnya apabila diperlukan. 
  3. Mendengarkan Lawan Bicara
    Usahakan untuk selalu mendengarkan lawan bicara Anda dengan seksama. Dengan begitu, Anda bisa memberikan umpan balik yang tepat. Dengarkan lawan bicara Anda dengan penuh ekspresi seperti tersenyum, hal ini menunjukkan bahwa Anda menikmati perbincangan dengannya dan ia akan merasa dihargai.
  4. Perhatikan Bahasa Tubuh
    Saat berkomunikasi, pastikan kita menunjukkan bahasa tubuh yang terbuka dan tidak membuat orang lain menjauh.
    Bahasa tubuh adalah salah satu hal yang penting diperhatikan saat berkomunikasi. Hal-hal kecil seperti kontak mata, senyuman, dan postur tubuh  menggambarkan kita sebagai lawan bicara yang lebih responsif serta terpercaya. Sebab, Bahasa tubuh yang positif juga bisa membuat orang lain lebih nyaman saat berkomunikasi dengan kita.
  5. Perhatikan Gaya Bahasa
    Anda perlu memperhatikan gaya bahasa Anda. Apabila Anda sedang berbicara dengan klien Anda, usahakan untuk berbicara dengan sopan dan mudah dipahami. Tetapi Anda juga perlu mengimbangi dengan gaya bahasa lawan bicara Anda, apabila lawan bicara Anda menggunakan gaya bahasa gaul, maka Anda bisa berbicara lebih santai namun tetap sopan.
  6. Jangan Memotong Pembicaraan
    Apabila lawan bicara Anda mengatakan sesuatu yang berbeda dengan pendapat anda, jangan langsung memotongnya! Tetap dengarkan dia, dan apabila sudah waktunya Anda memberikan feedback, Anda bisa memberikannya dengan tidak memojokkannya karena memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda.

Itulah hal-hal yang dapat membantu Anda untuk memiliki komunikasi yang baik. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Tr : Rimadona Husmayanti

sumber foto : kumparan.com

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai