6 TIPS SUKSES PRESENTASI, MAHASISWA WAJIB TAU

6 TIPS SUKSES PRESENTASI, MAHASISWA WAJIB TAU

- in Artikel
247
0

Teropongonline, Medan-Presentasi merupakan kegiatan yang paling sering dihadapi bagi mahasiswa. Presentasi yang baik merupakan presentasi yang dapat menyampaikan materi dengan kepada banyak orang dan membuat para pendengarnya paham akan materi yang disampaikan.
.
Akan tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan presentasi yang baik, tidak sedikit mereka yang presentasi justru merasa grogi dan gugup saat memberikan paparan materi saat presentasi didepan umum. Maka dari itu kami berikan 6 tips agar presentasimu sukses dilaksanakan, berikut penjelasannya :
.

  1. Mempersiapkan diri dengan baik
    Tips yang pertama, sebelum melakukan presentasi perlu untuk kita mempersiapkan segala sesuatu dengan baik salah satu nya adalah memastikan bahwasanya kondisi kita benar benar baik dan sehat agar kita mampu fokus terhadap materi yang akan kita sampaikan.
    .
  2. Kuasai materi presentasi anda.
    Ini merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah persiapan presentasi. Kuasai materi terlebih dahulu dan pahami setiap materinya agar kamu dapat menyampaikannya dengan baik dan tidak terkesan kaku. Hal ini mampu meningkatkan kualitas kepercayaan diri anda dan lebih yakin untuk menjawab pertanyaan yang diberi audiens (pendengar).
    .
  3. Pakai busana terbaik anda
    Sebagai penampil didepan umum tentu penampilan anda yang akan menjadi sorotan audiens, maka dari itu pakailah busana terbaik anda saat melakukan presentasi. Busana terbaik bukan hanya sekedar bagus tapi juga harus nyaman pada saat dipakai.
    .
  4. Pengaruhi audiens dengan intonasi
    Intonasi merupakan hal yang mampu menarik audiens agar lebih fokus terhadap apa yang anda sampaikan. Penekanan – penekanan kata suara ini nyatanya mampu membuat persentase anda terdengar lebih professional.
    .
  5. Maksimalkan bahasa tubuh
    Tips kelima, bahasa tubuh juga sangat efektif agar aksi persentasi anda benar benar menarik. Hal ini juga mampu membuat anda lebih percaya diri serta membuat audiens tidak jenuh. Jika perlu anda juga bisa melakukan perpindahan posisi berdiri atau posisi duduk anda saat presentasi.
    .
  6. Media persentasi yang menarik
    Tips terakhir, rancanglah media presentasi anda dengan baik dan menarik. Anda bisa menambahkan video, audio atau bahkan sedikit kata kata candaan agar audiens tidak jenuh melihat materimu.
    .

Tr : Basri Mustofa
Desain : Mhd. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Perbedaan Sakit Kepala Biasa Dengan Vertigo

Teropongonline, Medan-Masih banyak orang yang menganggap semua sakit