Bosan Kuliah Daring? Ini Tips Anti Bosan Bagi Mahasiswa

Bosan Kuliah Daring? Ini Tips Anti Bosan Bagi Mahasiswa

- in Artikel
154
0

Teropongonline, Medan-Semenjak masa pandemi Covid-19 pada Maret 2020 lalu memasuki kawasan Indonesia, mahasiswa memang diharuskan menjalankan aktivitas belajarnya dari rumah atau disebut dengan kuliah dalam jaringan (daring).

Tidak sedikit mereka yang menjalani Kegiatan kuliah daring ini justru merasakan rasa bosan dikarenakan setiap harinya mereka selalu dihadapkan dengan layar laptop untuk mendengarkan dosen memberikan penjelasan materi pembelajaran.

Maka dari itu, berikut kami sajikan beberapa tips agar proses kuliah daringmu tidak lagi membosankan :

  1. Cari posisi paling nyaman

Tempat dan posisi kamu saat melakukan pembelajaran daring merupakan suatu hal yang penting untuk menimbulkan rasa nyaman kamu. Carilah posisi yang menurut kamu nyaman sebelum aktifitas daring di mulai. Misalnya, mencari tempat atau posisi duduk yang paling empuk seperti di sofa atau di tempat tidur atau juga duduk dilantai beralaskan bantal.

  1. Siapkan minuman dan beberapa cemilan

Dalam situasi aktivitas pembelajaran daring yang bisa menghabiskan waktumu, tentunya kamu bakal mengalami yang namanya dehidrasi, terlebih apabila kamu melakukan daring di tempat yang bersuhu dingin. Maka dari itu kamu juga bisa menyedikan sebuah minuman atau bahkan cemilan yang akan menemani selama proses kuliah daringmu.

  1. Siapkan materi pembelajaran

Untuk tips ketiga, ini merupakan hal yang tidak terlalu penting bagi beberapa orang. Namun jangan sampai salah. Menyiapkan materi merupakan hal yang membuat kamu akan semakin semangat dan bisa membuatmu lebih memahami materi pembelajaran agar tidak membuatmu mudah bosan saat mendengarkan penjelasan dari dosen.

  1. Cari hal yang mampu memberikan semangat sebelum memulai kuliah daring

Untuk tips yang satu ini saya rasa sangat ampuh sebelum kamu memulai perkuliahaan daring. Carilah aktivitas untuk membangkitkan semangat kamu sebelum menghadapin pelajaran yang akan dilakukan secara daring. Misalnya mendengarkan musik, membaca quotes, atau membaca kisah inspiratif.

  1. Cari gaya belajarmu sendiri

Mencari gaya belajar yang sesuai denganmu juga sangat penting agar kuliah daringmu tidak membosankan. Mungkin kamu suka belajar di keramaian, atau justru di tempat yang lebih sunyi.

  1. Pasang target IPK tinggi

Tips terakhir ini mungkin bisa menjadi acuan semangat belajarmu. Tentu saja dengan target Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi bisa membuatmu lebih fokus mencapai tujuanmu.

Tr : Basri Mustafa & Delfina Aditya Putri
Desain : M. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai