Apa Sih Itu Heterochromia?

Apa Sih Itu Heterochromia?

- in Artikel
133
0

Teropongonline, Medan-Pada dasarnya Heterochromia berasal dari Bahasa Yunani, yang artinya “warna berbeda”. Istilah medis dari kondisi ini adalah Heterochromia Iridis atau Iridium, tergantung pada jenisnya.

Heterocromia merupakan kondisi ketika warna pada bagian iris mata berbeda dengan yang lainnya. Misalnya,iris mata berwarna coklat dan salah satunya berwarna biru.

Terdapat tiga jenis heterocromia dan masing-masing terlihat berbeda dari yang lainnya.
Yang pertama adalah heterochromia lengkap. Pada kasus ini seseorang yang memiliki mata yang sama sekali berbeda. Kedua, heterochromia sektoral atau dikenal dengan heterochromia parsial, yaitu dimana satu bagian dari iris berbeda dari yang lain. Namun, seluruh matanya tidak terpengaruh, hanya terdapat beberapa bagian yang memiliki bercak berwarna berbeda.

Ketiga yaitu heterochromia sentral, kasus ini bahkan lebih jarang terjadi dimana orang yang memiliki dua warna berbeda di iris yang sama. Heterochtomia sentral ini paling sering terjadi dengan mata yang lebih terang, dan lingkaran warna akan muncul. Mata mungkin juga memiliki warna yang menonjol keluar dari cincin pusat iris. Dalam kasus ini, warna luar dianggap warna mata yang sebenarnya.

Tidak hanya manusia yang bisa mengalami heterochromia,bahkan binatang pun juga bisa terkena heterochromia. Fenomena genetik ini kerap terjadi pada anjing atau kucing.

Lalu,terdapat beberapa penyebab utama terjadinya heyerochromia,yaitu :

  1. Glaukoma
    Penumpukan cairan pada mata yang menyebabkan warna iris mata menjadi berubah. pada dasarnya dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.
  2. Kanker Mata
    Kanker mata tidak menutup kemungkinan untuk terkena heterochromia. salah satu tandanya yaitu adanya titik gelap pada iris mata.
  3. Neuroblastoma
    Merupakan kanker sel saraf yang menyerang anak-anak usia dibawah 10 tahun. Ketika tumor menekan saraf di dada atau leher, terkadang anak-anak memiliki kelopak mata yang terkulai dan pupil kecil sehingga menyebabkan heterochromia.
  4. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu
    Mengkonsumsi obat-obatan dapat menurunkan tekanan di mata,termasuk obat glaukoma yang dapat menyebabkan perubahan pada warna mata.

dikutip dari IDN Times – Untuk lebih memahami mengapa heterochromia terjadi, pertama-tama kita harus memahami sedikit tentang warna mata. Warna di mata kita sebenarnya adalah manifestasi pigmen di iris; tergantung pada deposit melanin. Mata coklat memiliki banyak deposit melanin, sedangkan mata biru memiliki kekurangan deposit melanin.
Ada dua gen yang mengontrol warna mata. Satu di kromosom 15 untuk mata coklat, dan satu di kromosom 19 untuk mata hijau atau biru. Meskipun kita tidak tahu persis bagaimana kedua gen berinteraksi satu sama lain, kita tahu bahwa mereka mendikte setoran warna. Sesekali, distribusi melanin tidak seragam di mata, dan heterochromia terjadi. Mata tidak memiliki tingkat melanin yang seragam, jadi bagian mata mengekspresikan warna yang berlawanan.

Adakah cara untuk menyembuhkan mata heterochromia?

dikutip dari hellosehat.com – Sampai saat ini belum ada metode medis tertentu yang dapat menyembuhkan kelainan mata ini. Pengobatan bisa dilakukan tergantung penyebab dan kondisi faktor yang mendasari terjadinya perubahan warna pada mata Anda. 
Dalam situasi tertentu, lensa kontak (softlens) yang berwarna dapat digunakan untuk menyesuaikan warna mata yang tampak lebih terang atau meringankan mata yang tampak lebih gelap. Dua lensa kontak berwarna berbeda juga bisa digunakan untuk menyamakan warna iris mata.

Tr : S. F. Namira
Design : M. Iqbal

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi