APAKAH PENGETAHUAN HANYA DI DAPAT DARI PENGALAMAN ?

APAKAH PENGETAHUAN HANYA DI DAPAT DARI PENGALAMAN ?

- in Opini
506
0

Pernahkah kita berfikir, apa itu pengetahuan ?

apa itu pengalaman ?

bagaimana hubungan keduanya ?

bagaimana cara mendapatkan keduanya ?

dan bahwa Pengetahuan hanya didapat dari pengalaman saja ?

pertanyan sederhana bukan !

Sebagai makhluk yang suka bertanya dan sangat suka berkomentar kita di beri hak untuk berfikir demikian, dengan didorong rasa ingin  tahu tentang apa saja yang dilihat, didengar dan dialami, manusia ingin mendapat keterangan tentang hal itu. Setelah mendapat keterangan, ia akan merasa puas.

Lalu apa itu Pengetahuan ?

Pengetahuan adalah sebuah ilmu yang hadir dan terbentuk dari dalam jiwa dan pikiran seseorang yang tercipta karena suatu reaksi, hubungan, dan lingkungan sekitar yang dimana pengetahuan ini meliputi informasi, pemikiran, ilmu, komunikasi, dan emosi.

Sedangkan, Pengalaman adalah suatu peristiwa yang sudah terjadi dimana di dalam peristiwa itu terdapat perasaan, emosi, penderitaan, kejadian, keadaan, dan kesadaran yang dijadikan sebagai pembelajaran di masa yang akan datang sebagai pengetahuan untuk menjadi lebih baik.

Bagaimana hubungan keduanya ?

Dari pengalaman manusia mendapatkan pengetahuan, dari pengetahuan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan.

Seperti halnya ketika kita mendapatkan sebuah masalah kemudian kita dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik dan benar maka, kita juga akan mendapatkan pengetahun baru yang kemudian ilmu tersebut kita kembangkan dan kita bagikan kepada orang lain,  misalnya bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sama seperti yang pernah kita alami.

Hasil riset yang dilakukan kepada beberapa mahasiswa bahwa, 6 memilih yes dan 4 no pada pertanyaan “apakah pengetahuan hanya didapat dari pengalaman ?” jika ditanya alasannya mereka menjawab bahwa, ”Pengalaman adalah sumber utama dari pengetahuaan semakin banyak pengalamaan, semakin banyak pula pengetahuan yang kita dapat”. Dan beberapa menjawab bahwa, “Pengetahuan tidak hanya didapat dari pengalaman, kita cukup berfikir dan membaca banyak buku maka kita juga akan mendapatkan pengetahuan.”

Nah, sobat pongpong ada dipihak yang mana nih ? apakah Pengetahuan hanya di dapat dari pengalaman, atau Pengetahuan tidak hanya di dapat dari pengalaman, atau ada alasan lain untuk mendapatkan pengetahuan ? silahkan tinggalkan komentarmu ya sobat ! have a nice day jangan lupa membaca, salam literasi!.

Reporter : Sariya

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai