Jadi Pemateri PJTD Dinamika 2020, Redpel Waspada Online : Bahasa Dalam Esai Harus Mudah Dipahami

Jadi Pemateri PJTD Dinamika 2020, Redpel Waspada Online : Bahasa Dalam Esai Harus Mudah Dipahami

- in Terkini
149
0

Teropongonline, Medan-Hari pertama Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diselenggarakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika membahas Kepenulisan Esai dengan pemateri diisi oleh Muhammad Agus Utama secara virtual melalui aplikasi Zoom. Sabtu (21/11/2020) pagi.
.

Sebagai Pemateri kepenulisan esai, Agus menyampaikan tips awal memiliki hobi menulis yakni dengan gemar membaca. “Tidak akan timbul hobi menulis sebelum seseorang itu gemar membaca,” ujarnya.
.
Pria yang merupakan Redaktur Pelaksana Waspada Online ini juga menyampaikan dalam menulis esai yang terpenting gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

”Yang jelas bahasa dalam esai ini harus yang mudah dipahami, kata – kata istilah atau kata – kata yang belum populer dikurangi, kemudian gaya bahasa muncul dengan sendirinya, kita tidak bisa meniru gaya bahasa penulis lain,” tambahnya.
.
Menanggapi materi kepenulisan esai ini , Alvina Ajeng Sritanti peserta asal Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BP2M) Universitas Negeri Semarang mengatakan bahwa penyampaian materi jelas dan mudah dipahami.

“Buat hari pertama ini acaranya berjalan lancar, peserta juga keliatan pada antusias banget. Bisa dilihat dari penanya yang sangat banyak hehe. Terus buat materi jelas banget ya, mudah dipahami,” ujarnya.
.
Selain itu, Adimas Gesang peserta asal LPM Setara Cirebon berharap bisa lebih baik lagi dalam menulis esai. “Harapan saya sederhana saja, saya ingin lebih baik lagi dalam menulis esai,

walaupun pada organisasi telah diajarkan namun apa salahnya menambah wawasan lagi, setelah ini saya akan membagikan ilmu yang didapat dari PJTD ini kepada kawan-kawan saya,” ujar Adimas.
.
PJTD hari pertama dengan materi kepenulisan esai ini berjalan dengan lancar, serta peserta diberikan tugas berupa membuat contoh tulisan esai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan panitia.

Tr : Muhammad Iqbal
Editor : M. Lutfi Nst

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

6 TIPS SUKSES PRESENTASI, MAHASISWA WAJIB TAU

Teropongonline, Medan-Presentasi merupakan kegiatan yang paling sering dihadapi