Tips Diet Sehat

Tips Diet Sehat

- in Artikel
87
0

Memiliki tubuh yang ideal merupakan idaman banyak wanita. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki tubuh ideal, namun salah satu cara yang termasuk mudah dan murah untuk dilakukan adalah diet.

Tapi agar diet yang dilakukan tidak sembarangan dan membahayakan kesehatan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah 11 tata cara diet sehat yang bisa menurunkan berat badan secara aman dan alami.

  1. Makan makanan yang berserat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang bisa menurunkan berat badan dan menjaganya agar tidak cepat naik kembali. Nutrisi ini bisa ditemukan di berbagai menu makanan sehat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Makanan tinggi serat juga bisa memudahkan buang air besar yang sangat membantu dalam proses menurunkan berat badan

2. Perbanyak Konsumsi Sayur

Mengonsumsi menu makanan yang didominasi sayur seperti salad sebelum makan besar bisa membuat kalian merasa kenyang lebih cepat dan bisa membantu kalian makan dengan porsi lebih sedikit

3. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan

Cara diet sehat tanpa obat lainnya adalah jangan biarkan tubuh kelaparan. Menahan rasa lapar justru akan mendorong kalian untuk balas dendam dengan cara makan berlebihan. Kalian bisa melupakan makanan sehat yang cocok untuk diet dan justru mengonsumsi apa saja yang ada di depan mata.

4. Banyak Minum Air

Minum air putih sebelum makan bisa membuat kalian merasa kenyang lebih cepat dan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi sehari-hari sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Konsumsi Lebih Banyak Protein Tanpa Lemak

Kurangi karbohidrat tentu disarankan jika ingin menurunkan berat badan. Namun bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. 

Bunda hanya perlu membatasi karbohidrat yang dikonsumsi. Pilih saja makanan utuh seperti setengah ubi jalar atau secangkir kecil nasi organik. Kemudian konsumsi lebih banyak protein tanpa lemak. 

Banyak penelitian telah menemukan bahwa protein dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Gantilah karbohidrat bertepung dengan sayuran berwarna-warni.

6.      Makan Sedikit Garam

Coba makan sedikit garam dan konsumsi lebih banyak magnesium dan B6. Itu ditemukan dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, pisang, dan kenari. Tidak hanya itu, mengonsumsi sedikit garam juga mengurangi berat air. 

Tr : Fanny Anr Febyola

sumber foto : Hello sehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

KontraS Sumut Akan Gelar Aksi Bela HAM di Tugu Nol Medan

Teropongonline, Medan-Peringati Hari HAM Internasional, Komisi Untuk Orang