Pentingnya Hutan Hujan Tropis untuk Makhluk Hidup

Pentingnya Hutan Hujan Tropis untuk Makhluk Hidup

- in Artikel
636
0

Teropongonline, Medan-Hutan hujan tropis berupa hutan yang selalu dalam kondisi basah atau lembap. Hutan hujan tropis dapat diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Hutan ini dapat ditemui di wilayah sekitar Khatulistiwa, yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis Khatulistiwa.

Indonesia masuk kedalam 3 Negara terluas yang memiliki hutan hujan tropis, pertama Brazil dan kedua Republik Demokratik Kongo. Luas hutan hujan tropis di Indonesia sebesar 39.549.447 hektar dan terletak hampir di setiap pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Salah satu nya adalah Hutan hujan tropis yang ada di Kalimantan bagian Timur yang dikenal dengan nama Hutan hujan tropis Bukit Bangkirai yang berada di Kecamatan Samboja, Kab Kutai Kartanegara.

Bukit Bingkirai menawarkan hutan hujan tropis yang masih asri dan indah dengan pemandangan alam yang istimewa. Luas hutan hujan Bukit Bingkirai sekitar 1,500 hektar sehingga banyak flora dan fauna yang hidup salah satunya anggrek hitam, pohon ulin,dll.

Pentingnya peran hutan hujan tropis bagi makhluk hidup sangat banyak yaitu :

1. Tempat tinggal hewan dan tumbuhan liar
Para ilmuwan memperkirakan bahwa setengah dari spesies darat bumi hidup di hutan hujan. Hutan hujan tropis juga merupakan rumah bagi setengah populasi flora dan fauna di dunia sekaligus tingkat keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Bagi hewan dan tumbuhan kelangsungan hutan hujan tropis perlu dijaga kelestariannya karena hutan tersebut mampu menyediakan makanan dan minuman bagi hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.

2. Penyuplai oksigen
Hutan hujan tropis memiliki konstribusi yang besar bagi kelangsungan makhluk hidup yaitu sebagai penyuplai oksigen terbesar di bumi. Hutan hujan tropis dapat menghasilkan 80% oksigen di dunia karena di hutan tersebut banyak sekali pohon-pohon tinggi yang melakukan proses fotosintesis serta mempengaruhi pola curah hujan dan cuaca, sehingga pohon-pohon tersebut dapat menghasilkan begitu banyak oksigen yang sangat dibutuhkan mahluk hidup yang ada di bumi.

3. Membantu dalam menstabilkan iklim dunia
Hutan Hujan Tropis mampu menstabilkan iklim di dunia yaitu dengan cara menyerap karbon dioksida yang ada di atmosfer. Jika karbon dioksida bertambah banyak, dapat memicu peningkatan suhu global atau yang biasa disebut Global Warming. Maka dari itu perlunya menjaga kelestarian hutan hujan tropis agar dapat menyerap karbon dioksida dan mengurangi peningkatan suhu global.

4. Sebagai tempat terjadinya siklus hidrologi
Hutan hujan tropis memiliki peranan penting dalam menjaga peredaran siklus hidrologi atau siklus air. Hutan hujan tropis dapat menyerap air dalam volume yang besar, karena pohon-pohon yang ada di hutan hujan tropis memiliki akar yang panjang dan mempunyai batang pohon yang besar yang dapat menyimpan cadangan air dalam jumlah yang banyak.

5. Mengurangi potensi bencana alam seperti banjir dan longsor
Dari penyerapan air hujan, hutan ini dapat mencegah terjadi banjir karena air hujan yang turun dalam jumlah yang banyak akan diserap oleh hutan hujan tropis dan mencegah terjadinya banjir. Selain itu, hutan hujan tropis dapat mencegah erosi tanah dengan cara menyangga atau menahan tanah dengan akarnya yang kuat.

6. Sumber mata pencaharian
Hutan yang lebat dan sulit ditembus ini dapat mendatangkan nilai ekonomis, yaitu dengan cara mencari kayu untuk dijual bahkan digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga dan juga mencari makanan untuk dikonsumsi. Namun, masih ada manusia yang tidak bertanggung jawab dalam menebang pohon dengan sembarangan ataupun dengan cara eksploitasi berlebihan.

7. Tujuan wisata dan lokasi penelitian
Hutan hujan tropis merupakan tempat yang cocok menjadi destinasi wisata karena menyajikan alam yang asri, sejuk, dan tenang. Hutan ini sangat cocok bagi orang yang hobi berpetualang maupun untuk sekedar travelling.

Para ahli seringkali melakukan penelitian di hutan hujan tropis untuk mengeksplor maupun meneliti tumbuhan dan hewan yang ada di sana. Menurut para ahli, masih banyak spesies tumbuhan dan hewan yang belum ditemukan di hutan hujan tropis.

Nah untuk itu perlunya peran dan kesadaran kita sebagai makhluk hidup untuk menjaga keasrian dan keindahan hutan hujan tropis yang ada di indonesia sekarang. Hal itu dapat kita lakukan dengan sebagai berikut :

  1. Penanaman kembali hutan hujan tropis
  2. Memperkaya kesuburan tanah di hutan
  3. Melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya hutan hujan tropis
  4. Mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap hutan
  5. Menjadikan hutan hujan sebagai cagar alam
  6. Melindungin dan menjaga habitat satwa langka yang hidup di hutan
  7. Membuat UU yang melindungi keberadaan hutan

Maka dari itu mari kita sama-sama menjaga kelestarian isi didalam hutan hujan tropis yang ada di indonesia guna mencegah banjir, erosi, penipisan lapisan ozon bahkan kepunahan flora dan fauna. Kalau bukan kita, lalu siapa lagi?.

Tr : Berry & Efida Nur Awaliah

Sumber foto : mongabay.co.id


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali