Perlukah Kita Memakai Sunscreen Setiap Hari, Berikut Penjelasannya

Perlukah Kita Memakai Sunscreen Setiap Hari, Berikut Penjelasannya

- in Artikel
173
0

Teropongonline, Medan-Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang dapat melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari (UVA & UVB). Sunscreen berupa lotion yang dapat meyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah sempat masuk ke dalam kulit.

Matahari menghasilkan sinar Ultraviolet, seperti UVA dan UVB. UVA adalah sinar Ultraviolet dengan panjang gelombang paling panjang. Sinar UV inilah yang paling banyak menimbulkan radiasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa UVA adalah penyebab utama kerusakan kulit dan kerutan.

Radiasi UVA mampu menembus kedalam kulit dan bahkan dapat menembus kaca. Sedangkan sinar UVB merupakan sinar UV yang paling sering membuat kulit terbakar matahari karena berkerja pada bagian lapisan luar kulit dimana mudah sekali berubah menjadi kanker kulit. Kanker tersebut timbul akibat paparan langsung sinar matahari yang berlebihan, sehingga menyebabkan mutasi gen yang memicu kanker kulit. Sinar UVB ini memiliki intensitas tinggi saat matahari sedang terik.

Kita biasanya hanya menggunakan sunscreen saat bermain di pantai atau saat berada di tempat dengan cuaca yang sangat panas tapi ternyata sunscreen sangat penting untuk digunakan sehari hari.

Dilansir dari Hellosehat.com Sunscreen wajib digunakan saat kita berada di dalam maupun luar ruangan loh sobat pong pong. Meski tidak terpapar sinar matahari secara langsung, sinar UV tetap bisa masuk ruangan melalui sela-sela kaca, pintu, maupun jendela, bahkan saat cuaca mendung sekalipun.

Efek paparan sinar ultraviolet bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Beberapa dampak jangka pendek adalah:

• Terbakar matahari (Sunburn)
• Kulit gelap
• Kulit hitam
• Kulit kusam

Sementara dampak jangka panjang meliputi:

• Penuaan kulit
• Kulit keriput
• Kulit kendur/tidak kencang
• Muncul bercak-bercak kecoklatan atau flek hitam
• Bahkan, risiko kanker kulit

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan ACP Journal Wise, penggunaan Sunscreen secara rutin dapat mengurangi risiko penuaan dini dan juga kanker kulit. Kalau sobat pong pong tidak mau mengalami berbagai hal diatas maka, jangan lupa gunakan sunscreen saat berada di luar maupun dalam ruangan ya.

Tr : Marizkya Nabilla

sumber foto : parenting.orami.co.id

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)