Tahukah Kamu Apa Itu FOBIA ?

Tahukah Kamu Apa Itu FOBIA ?

- in Artikel
251
0

Teropongonline, Medan-Ketakutan berlebih terhadap suatu hal atau benda yang dianggap wajar hingga menimbulkan rasa tidak nyaman disebut FOBIA. Banyak sekali macam-macam Phobia yang ada di dunia ini.

Salah satu contohnya adalah Thalassophobia yaitu ketakutan terhadap laut dan samudra. Seorang Thalassophobia memiliki rasa takut yang terfokus pada bentuk laut yang luas dan dalam. Thalassophobia juga melihat bahwa lautan adalah tempat yang menyeramkan dan juga sangat berbahaya.

Melansir Healthline, ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang mengalami ketakutan terhadap laut atau samudra, yaitu :

  1. Faktor Genetik

Memiliki kerabat yang takut akan laut dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena Thalassophobia.

2. Faktor Lingkungan

Mendengar peristiwa traumatis, seperti tenggelam atau serangan di laut, dapat menyebabkan ketakutan terhadap laut.

3. Faktor Perkembangan

Jika area respons ketakutan di otak belum berkembang dengan baik, Fobia akan lebih mudah terjadi. Thalassophobia juga memiliki gejala fisik yang umum terjadi pada penderita, yaitu pusing, mual, sakit kepala ringan, jantung berdebar kencang, napas cepat, sesak napas, dan juga berkeringat.

Secara emosional, seorang penderita Thalassophobia saat memikirkan laut, dapat mengalami gejala-gejala berikut : gelisah, khawatir, sulit tertidur dan kemungkinan mengalami insomnia, serangan panik dan cemas.

Cara mengatasi Thalassophobia ini adalah terapi psikologis. Hal ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan respon penderita Thalassophobia yang tadinya negatif menjadi positif dan realistis.

Nah sobat pong-pong, apakah kamu juga salah satu pengidap Thalassophobia ini?

Tr : Amita Aprilia
Sumber foto : pinterest

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8