Ternyata Kepribadian Ganda dan Bipolar Berbeda

Ternyata Kepribadian Ganda dan Bipolar Berbeda

- in Artikel
126
0

Teropongonline, Medan-Halo sobat pong-pong, apakah kamu tahu bahwa Kepribadian Ganda dan Bipolar Disorder adalah penyakit psikologi yang berbeda ? Mari kita bedah satu persatu definisi dari Kepribadian Ganda dan Bipolar.

Kepribadian ganda adalah gangguan pada seseorang ketika mereka memiliki dua kepribadian atau lebih, biasanya kepribadian yang bertolak belakang dengan kepribadiannya yang asli.

Sedangkan Bipolar adalah gangguan kepribadian, pengidap penyakit ini mengalami suasana hati yang sangat ekstrim misalnya ketika sedih dia akan sangat-sangat sedih dan ketika bahagia dia akan tertawa seolah-olah dia adalah orang yang paling bahagia di Bumi.

Pengidap Bipolar tidak memiliki permasalahan pada identitas seperti kepribadian ganda meskipun mereka memiliki kesulitan dalam mengelola perubahan emosi secara drastis.

Gejala yang muncul ketika seorang Bipolar mengalami depresi adalah keinginan untuk bunuh diri, merasa sangat putus asa, sulit berkonsentrasi, serta perasaan bersalah. Sedangkan gejala yang timbul ketika seorang Bipolar merasa bahagia adalah merasa sangat bersemangat, muncul rasa percaya diri yang berlebihan, serta menurunnya keinginan untuk tidur.

Lalu, apa penyebab yang mendasari terjadinya Bipolar dan Kepribadian Ganda?

Dilansir dari laman halodoc.com sejauh ini belum diketahui penyebab pasti Bipolar ini. Akan tetapi ada hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya Bipolar, yaitu :

  1. Pernah mengalami kekerasan fisik, seksual, atau emosi.
  2. Pernah merasakan kehilangan dan kesedihan yang amat mendalam, seperti meninggalnya keluarga.
  3. Pernah merasakan kehilangan orang terkasih, seperti putus dari pasangan.

Sedangkan kepribadian ganda terjadi karena adanya masalah dengan identitas diri. Sejauh ini, yang menjadi faktor utama terjadinya kondisi ini adalah peristiwa trauma yang terjadi di masa lalu.

Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Pada pengidap Bipolar, biasanya dokter meresepkan obat-obatan guna menyeimbangkan zat kimia dalam otak untuk membantu menstabilkan suasana hati.

Sedangkan pada pengidap kepribadian ganda, pengobatan yang sangat dianjurkan adalah terapi. Terapi akan mengajari pengidap untuk menghadapi trauma yang pernah dialaminya secara sehat.

Selain terapi, pemberian obat-obatan juga diperlukan untuk mengatasi gangguan mental lainnya yang ada kaitannya dengan kepribadian ganda. Jadi sangat memungkinkan seorang pengidap kepribadian ganda memiliki gangguan mental selain kepribadian ganda.

Nah sobat pong-pong apakah penjelasan di atas memiliki keterkaitan dengan kalian? Jika iya kalian bisa langsung konsultasi ke Psikolog ataupun Psikiater, mental yang sehat dapat membentuk masa depan yang gemilang.

Tapi ingat, jangan pernah melakukan self diagnose ya.. serahkan semuanya kepada yang ahli dalam bidang tersebut. Semangat.

Tr : Amita Aprilia
Sumber foto : pinterest

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)