AMAKOR Cium Adanya Pungli Di Kanwil Kemenag Sumut

AMAKOR Cium Adanya Pungli Di Kanwil Kemenag Sumut

- in kabar medan
76
0

Teropongonline, Medan-Aliansi Masyarakat Anti Korupsi (AMAKOR) mendatangi Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatera Utara (Kanwil Kemenag Sumut) atas dugaan pungli dilakukan Dr. H. Soritua Harahap yang pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Madrasah. Aksi berada di Jl. Gatot Subroto Kec. Medan Sunggal. Kamis, (09/07/2020).

Aksi AMAKOR tersebut dikomandoi Aspan Ansori selaku Koordinator Lapangan. Dalam orasinya terdapat beberapa poin tuntutan yang diberikan seperti tangkap dan proses terduga. “Kami meminta tegas tangkap dan proses Soritua Harahap atas dugaan pungli terhadap beberapa Madrasah di Sumut,” ucapnya.

Selain itu, Aspan juga mengatakan bahwa kasus ini seakan ditutupi dan tidak ada pihak yang ingin memperjuangkan demi terciptanya data transparansi kinerja dari Soritua Harahap. “Kami menegaskan kepada pihak Kemenag untuk terus mengawal dan meneruskan masalah ini ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) untuk membongkar masalah pungli yang sudah cukup lama ditutupi tepatnya pada masa jabatannya tahun 2016,” jelas Aspan.

Seperti diketahui Dr. Soritua Harahap saat ini tercatat aktif sebagai Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Padang Sidempuan.

Kasus ini muncul lalu timbul kepermukaan setelah adanya keluhan-keluhan perwakilan dari Madrasah Sumut. Eriza yang merupakan anggota tata usaha MTsN 2 Mandailing Natal buka suara.

“Pada instansi MTsN 2 ini terjadi pungli seperti adanya uang buku yang dipungut padahal ada jatah subsidi dari Kemenag Sumut yang diberikan dan dikutipnya uang pembangunan padahal sebenarnya itu tidak ada,” ungkapnya.

Disisi lain, Muhammad Darwis Humas Kanwil Kemenag Sumut menanggapi atas kasus ini, ia mengatakan tidak mengetahui yang bernama Soritua Harahap anggota bagian instansinya “Bahwa kami tidak ada unit itu di instansi Kemenag ini,” jelasnya.

Darwis juga menambahkan akan mendukung aksi ini agar terselesaikan. Jika benar terbukti nama yang bersangkut salah silahkan tempuh jalur administrasi

“Saya siap mendukung ketika kasus ini terus maju dan memperkuat bukti bukti kuat atas dugaan ini hingga Kejatisu,” pungkas Humas Kemenag Sumut.

Tr : Muhammad Rizky Alhaj

Sumber Foto : Anggi Anugrah (Anggota AMAKOR)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Sarayu

Dedaunan layu dan ranting patah pada sarayu dari