OCD BERJAYA PADA MASA PANDEMI, BEBERAPA HAL YANG DI LAKUKAN OCD YANG WAJAR JIKA DI LAKUKAN PADA MASA PANDEMI

OCD BERJAYA PADA MASA PANDEMI, BEBERAPA HAL YANG DI LAKUKAN OCD YANG WAJAR JIKA DI LAKUKAN PADA MASA PANDEMI

- in Artikel
300
0

Covid-19 atau virus corona yang mewabah di seluruh dunia menyebabkan Pandemi. Pandemi sendiri mengutip dari Wikipedia artinya adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia dengan penyebaran yang sangat tinggi. Lebih singkatnya Pandemi merupakan suatu wabah penyakit yang menyebar luas ke seluruh dunia melampaui batas. Pandemi Covid-19 menyebabkan banyaknya orang yang harus di rumahkan untuk menjaga jarak guna memutus rantai penyebarannya. Bukan hanya menjaga jarak dan berada di rumah saja kita juga di wajibkan menjaga kebersihan semaksimal mungkin guna mengurangi resiko terpapar Virus ini.

Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan gangguan metal yang mana gejala umum pada penderitanya itu khawatir dan selalu terobsesi untuk melakukan suatu secara teraatur dan terganggu jika hal itu tidak segera di lakukan. Gejala lain yang di alami penderitanya iyalah sering membersihkan diri, mencuci tangan, membenahi sesuatu yang tidak sejajar,menghindari bersentuhan dan berkerumun karna merasa cemas akan kuman dan banyak memiliki obsesi untuk selalu melakukan hal secara berulang ulang. Salah satu contoh yang sering di lakukan penerita ini adalah mencuci tangan berualang kali karna merasa cemas di tangan mereka masi ada kuman. Hal ini sejalan dengan apa yang harus kita lakukan pada masa Pandemi saat ini yaitu rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan, dan menghindari kerumunan.
Beberapa hal yang di lakukan OCD yang wajar jika di lakukan pada saat seperti ini.

MENCUCI TANGAN LEBIH DARI SEKALI
(foto kedua)Foto by shutterstock.com / lyf1

Penderita OCD sering melakukan hal yang berulang ulang karena merasa khawatir akan sesuatu misalnya mencuci tangan lebih dari sekali karena di pikiran mereka kuman masi terus menepel di tangan. Hal ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah yang menganjurkan kita mencuci tangan sesering mungkin untuk menghindarkan virus menempel di tangan.

TIDAK INGGIN BERSENTUHAN DENGAN ORANG LAIN
Foto by EUTAH MIZUSHIMA ON UNSPLASH (foto ketiga)

Beberapa penderita juga sanggat mengkhawatirkan untuk bersentuhan dengan orang lain di karenakan merasa harus selalu membersihkan diri setelahnya menganggap itu bisa menimbulkan kuman jika tidak segera mebersihkan diri. Nah, hal ini juga sama seperti yang kita lakukan di masa Pandemi Covid-19 untuk tidak berjabat tangan.

BERULANG KALI MEMBERSIHKAN RUMAH DAN MENATA SESUATU DENGAN TERATUR
Foto by orissapost.com (foto ke empat)

Orang yang didiagnosis OCD akan terganggu olah rasa takut yang membuat mereka melakukan rutinitas untuk mengurangi rasa takutnya misalnya mereka takut rumah mereka kotor dan menjadi ladang penyakit mereka akan ekstra membersihkannya karna kekhawatiran berlebih itu, mereka juga risih dengan sesuatu yang tidak sejajar dan tidak teratur yang membuat susunan apa pun di rumahnya harus di biarakan rapi. Masa Pandemi yang mewajibkan beberapa orang di rumah saja beberapa waktu lalu membuat banyak orang menjadi bosan. Mengurangai rasa bosan ini beberapa orang membersihkan rumah, menyusun barang barang, dan melakukan banyak aktivitas di rumah berulang ulang.

MENGURANGI KONTAK SOSIAL
Foto by Thinkstock (foto kelima)

Gangguan yang sering di alamai penderita OCD juga takut berlebihan akan menyakiti orang lain. Takut apa yang mereka lakukan menyebabkan orang lain terluka atau mengganggu hubungan mereka sehingga memutuskan enggan bersosialisasi. Mengurangi kontak sosial secara langsung juga di lakukan pada masa pandemi sekarang ini untuk menghindari terpaparnya virus dari orang lain.

Sebenarnya penderita Obsessive Compulsive Disorder (OCD) memilki gangguan khawatir berlebih akan sesuatu sehingga melakukan sesutu aktifitas yang berlebihan untuk mengurangi kegelisahan tersebut. Hal ini sangat mengganggu kehidupan penderitanya dan berdampak sangat besar untuk kepriadiannya penderita, bukan hanya gila bersih seperti apa yang dipikirkan orang orang.

TR. NOVERINA

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

KontraS Sumut Akan Gelar Aksi Bela HAM di Tugu Nol Medan

Teropongonline, Medan-Peringati Hari HAM Internasional, Komisi Untuk Orang