Apakah Setiap Manusia Memiliki Insecure ?

Apakah Setiap Manusia Memiliki Insecure ?

- in Artikel
11034
0

Teropongonline, Medan-Insecure/insekyar/insekyur kerap kali kita menemui kata itu di zaman sekarang ini. Banyak juga orang – orang yang mengaku sedang insecure dari sesuatu. Ada gak sih dari kalian yang tidak tahu makna insecure sebenarnya itu apa?

Nah, insecure merupakan kata dari bahasa inggris yang memiliki arti tidak aman. Tidak aman itu bermakna tentang perasaan seseorang atau kondisi mental sesorang sedang merasa tidak aman, tidak nyaman, tidak tenang, cemas, dan takut akan sesuatu hal. Sehingga orang yang merasakan hal tersebut secara tidak sadar sering tidak percaya atau pun menaruh curiga terhadap dirinya sendiri, orang-orang terdekatnya maupun orang lain di lingkungan sekitarnya.

Sebenarnya rasa insecure itu merupakan hal yang wajar dirasakan seseorang. Sebab, perasaan itu secara alamiah hadir di setiap diri manusia setiap harinya. Namun, akan menjadi tidak baik ketika perasaan tersebut di rasakan secara berlebihan dan berlarut-larut.

Terkadang seseorang yang mengalami insecure tidak sadar bahwa dirinya sedang merasa insecure. Maka dari itu penting untuk kita jujur terhadap diri sendiri dan mengenali diri sendiri.

Adapun tanda-tanda kita sedang mengalami insecure ialah ;

  • Sering merasa rendah diri.
    Seperti memandang diri sendiri tidak ada apa – apanya dibanding orang lain. Keadaan tersebut secara tidak sadar mempengaruhi kehidupan, karena akan menghambat apapun yang akan dilakukan kedepannya.
  • Mengalami takut berlebih.
    Sering merasa takut yang berlebihan terhadap apapun. Tidak hanya pada hal yang besar, hal kecil sekali pun ditakuti. Hal itu cenderung membuat seseorang akan terlalu lama berpikir ketika ingin memulai sesuatu.
  • Menghindari berinteraksi dengan orang lain. Orang yang sedang insecure akan merasa lebih terpuruk ketika membicarakan pencapaian satu sama lain, apalagi jika ia merasa tidak ada apa-apanya.
  • Tidak bisa keluar dari zona nyaman.
    Memiliki kecemasan dan ketakutan pada hal – hal baru termasuk tantangan. Disebabkan oleh pengalaman di masa lalu seperti pengalaman ketika ditolak, dikhianati ataupun pengalaman buruk lainnya yang mendatangkan ketakutan tersendiri bagi mereka.
  • Membandingkan diri dengan orang lain. Seseorang dengan kondisi insecure akan lebih merasa kehidupan orang lain lebih baik dari dirinya dan merasa diri tidak ada apa-apanya. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang buruk karena dengan membandingkan diri dengan orang lain akan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Apakah ada yang mengalami hal yang sama dari beberapa contoh diatas?

Iya tentu saja, perasaan tersebut adalah perasaan wajar bagi semua orang tidak cuma dirimu, namun tentu sangat tidak baik, jika hal-hal tersebut dirasakan secara berlebihan dan berkelanjutan. Setiap orang harus bisa membentengi dirinya agar terhindar dari rasa insecure tersebut. Karena seperti kita ketahui, merasa insecure itu banyak mengundang sikap negatif dari diri seseorang.

Tapi kira-kira kenapa sih orang bisa merasakan insecure ?

Memang tidak ada penyebab yang pasti kenapa seseorang bisa merasa insecure terhadap dirinya maupun kehidupannya. Namun beberapa faktor inilah yang diperkirakan seseorang bisa merasa _
insecure, seperti mengalami trauma, memiliki masalah pada penampilan atau fisiknya, perkataan negatif dari orang lain, kepercayaan diri yang rendah, serta salah kaprah bersosial media.

Begitu pun, jangan pernah anggap perasaan insecure ini hal yang enteng, bila tidak ditangani dengan tepat malah bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu yang akan berdampak pada kehidupanmu. Itulah mengapa sangat penting bagi seseorang untuk mengenali dirinya sendiri, jujur terhadap diri sendiri dan mulai lah selalu berpikir positif untuk diri sendiri dan orang lain.

Tr : Meilysa Sanz Siregar

Editor : M. Lutfi Nasution

Illustrator : M. Iqbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dari Aku

Malam-malam tak pernah sepi. Kelap-kelip lampu kota dan