Cegah Penyebaran Virus Corona, UMSU Bentuk Tim Peduli Covid-19

Cegah Penyebaran Virus Corona, UMSU Bentuk Tim Peduli Covid-19

- in Kabar Kampus
355
0

Teropongonline, Medan-Cegah penyebaran Covid-19, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bentuk sebuah tim. Tim tersebut dinamakan “Tim UMSU Peduli Covid-19”, yang merupakan bentuk kepedulian UMSU terhadap pandemi Virus Corona di Sumatera Utara khususnya di lingkungan kampus. Sabtu, (21/03/20).

dr. Siti Masliana Siregar, Sp.THT-KL selaku ketua Tim UMSU Peduli Covid-19 menjelaskan tujuan dibentuknya tim ini bukan semata-mata untuk mendahului Pemerintah ataupun dinas kesehatan pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) namun merupakan bentuk kepedulian UMSU terhadap pandemi Covid-19 di lingkungan civitasnya.

“Tim ini dibentuk bukan untuk mendahului pemprovsu atau dinas kesehatan Sumut, tapi ini merupakan kepedulian UMSU dengan mewabahnya Covid-19 di Sumut ini, tujuan dibentuk ini untuk kepedulian terhadap civitas UMSU dulu awalnya, bukan untuk masyarakat luas. UMSU sendiri merupakan bagian dari komunitas, contohnya Fakultas Kedokteran kan komunitasnya daerah Jalan Gedung arca dan Kampus Jalan Muchtar basri itu komunitasnya sampai Jalan Krakatau,” ujarnya saat diwawancarai.

Selain itu, ia juga menerangkan bahwa dibentuknya Tim UMSU Peduli Covid-19 ini adalah untuk melakukan surveilans terhadap civitas yang telah melakukan perjalanan, kontak dengan orang dalam pemantauan (ODP) ataupun pasien dalam pengawasan (PDP). Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan, karena jika ada satu orang yang positif corona maka itu berpotensi besar untuk menularkan kepada orang lain.

“Jadi dibentuklah tim ini dengan tujuan untuk surveilans, survei terhadap civitas yang melakukan perjalanan, ada kontak dengan ODP, atau PDP, karena motto kita yaitu peduli kesehatan kita untuk kesehatan orang lain. Jadi jika ada satu saja civitas yang positif akan mempengaruhi orang banyak tapi jangan sampai itu terjadi, satu orang dengan keluhan tapi dia belum positif, dia baru saja travelling ke daerah endemik meskipun dia belum ada gejala, tetap dia beresiko menularkan ke orang lain itu kan besar,” tuturnya.

Tambahnya, Tim ini juga dibentuk untuk menghimpun data dari literatur, misalnya data dari World Health Organization (WHO), Pemerintah serta memberikan edukasi mengenai pola hidup yang sehat.

“Tim ini dibentuk untuk mengimpun data seperti riset, data jumlah orang yang postif di Indonesia dan data daerah epidemik itu dimana saja. Data kita ambil dari World Health Organization (WHO) dan pemerintah serta memberikan edukasi mengenai pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” tutupnya.

Tr: @marizkya
Editor: M. Lutfi Nasution

#umsu #covid19 #beritakampus #mencegahvirus

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan