Duduk Berilmu HMJ IKO FISIP UMSU

Duduk Berilmu HMJ IKO FISIP UMSU

- in Kabar Kampus
326
0

Teropongonline, Medan-Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (HMJ IKO FISIP UMSU) melaksankan kegiatan Duduk Berilmu dan Implementasi Anak Komunikasi (Diskusi) dengan mengusung tema “Pelatihan Penulisan Berita”.
Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium Penyiaran FISIP UMSU. Jumat, (13/03/20).

Dalam diskusi ini Nirwansyah Putra S.Sos., M.Sos selaku pemateri menyampaikan bahwa untuk mencari berita kita harus menggunakan lima panca kita “Dalam mencari berita kita jangan melihat seperti mata kuda yang lurus saja kedepan. Tapi, harus memiliki mata yang liar serta menggunakan lima panca indra,” ujarnya.

Tambahnya, ia pun menyampaikan dasar jurnalistik ada tiga teknik dan 26 macam yang membuat berita jadi menarik “Dalam dasar-dasar jurnalistik ada tiga teknik penulisan berita yaitu penting, aktual, dan menarik. Ada 26 macam yang membuat berita itu menarik diantaranya adalah Pizare (aneh), Froxymity / familiarity (kedekatan localistic / culture), Personalization (profil seseorang), Human interest (kemanusiaan), Competition (persaingan).

Agung Eka Saputera selaku ketua mengatakan bahwa kegiatan diskusi ini berlangsung sekali dalam sebulan dan merupakan Program kerja baru dari HMJ IKO FISIP “Ini merupakan Progja dari HMJ yang baru yaitu Duduk Berilmu dan Implementasi Anak Ilmu Komunikasi yang sengaja dibuat sekali dalam sebulan dengan tujuan khusus untuk anak ilmu komunikasi,” Ujarnya.

Lanjutnya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai tujuan yaitu dapat memberikan pemahaman lebih terkhusus untuk anak Ilmu Komunikasi “Mungkin dengan adanya kegiatan diskusi ini anak-anak Ilmu Komunikasi, bisa lebih memahami apa itu komunikasi, dan aku juga berharap untuk semua bahwa setiap kegiatan yang dilakukan HMJ itu bukan untuk anak HMJ aja melainkan untuk semua anak komunikasi,” tuturnya.

Salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi semester ll, Maruli Ritonga mengatakan bahwa kegiatan diskusi ini sangat menarik dan interaktif “Diskusi ini sangat menarik karena pemateri pembawaannya yang asik sehingga lebih menyerap ilmu yang diberikan dan setelah ini saya menjadi lebih mengerti tentang dunia jurnalistik. Namun, saya tidak tertarik untuk mengambil fokus jurnalistik,” ujarnya.

Tr : @din.aylstr & Izkyyy_mj
Dinda & Izky
Editor : M. Lutfi Nasution

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi