Kenali Gejala Serangan Jantung Sejak Dini

Kenali Gejala Serangan Jantung Sejak Dini

- in Artikel
200
0

Dalam istilah medis, serangan jantung dikenal dengan Infark Miokard Akut (IMA). IMA adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhambat atau bahkan berhenti total sehingga menyebabkan kerusakan jaringan. IMA dapat terjadi akibat tersumbatnya satu atau lebih arteri koroner yang terjadi akibat pembentukan plak atau deposit kolesterol, yang terdiri dari kolesterol, dan berbagai substansi lainnya.
serangan jantung yang muncul bisa berupa nyeri dada tipikal atau khas, terasa seperti tertekan benda berat di dada. Terkadang nyeri disertai penjalaran ke bahu dan lengan kiri atau ke rahang menimbulkan rasa tercekik.
Serangan jantung terjadi akibat adanya sumbatan akut karena pembentukan bekuan darah di pembuluh koroner.  Bekuan darah terbentuk karena adanya erosi atau pecahnya kapsul yang melapisi tumpukan kolesterol di dinding pembuluh koroner. Makin tipis kapsul tersebut, maka akan makin mudah pecah.

Sumbatan akut pada akhirnya akan menyebabkan asupan darah yang kaya oksigen dan nutrisi tidak bisa mengalir lancar ke otot  jantung. Kemudian, ada kemungkinan terjadi kerusakan otot jantung. Tergantung luasnya kerusakan otot jantung, masalah yang terjadi bisa berupa gagal jantung sesak nafas hebat, hingga menimbulkan syok kardiogenik. Gangguan irama jantung juga bisa terjadi dari yang ringan hingga menyebabkan jantung berhenti berdetak.

Penyebab paling umum dari penyakit jantung, yaitu penyempitan atau penyumbatan dari arteri koroner, pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan penyakit arteri koroner. Penyakit ini bisa berkembang dari waktu ke waktu, bisa dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja. Lalu, bagaimana dengan gejala penyakit jantung yang satu ini?

Menurut American Heart Association, ada gejala khas yang mesti diwaspadai. Dalam kebanyakan kasus, penyakit arteri koroner ini membuat pengidapnya nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar, bahkan kelelahan. Ingat, segeralah temui atau tanyakan pada dokter ketika mengalami gejala-gejala tersebut.

Selain keempat gejala di atas, ada pula beberapa gejala lainnya yang mungkin dialami pengidap penyaki jantung. Nah, berikut gejala penyakit jantung lainnya yang mesti diwaspadai.

Jantung berdebar, atau detak jantung justru melambat.

Pusing.

Demam

Irama jantung berubah.

Pembengkakan pada lengan, perut, tungkai, atau sekitar mata.

Nyeri pada bagian leher, rahang, tenggorokan, punggung, dan lengan.

Pingsan atau terasa mau pingsan.

Batuk kering yang tak kunjung membaik.

Mual.

Ruam pada kulit.

Sesak napas atau napas menjadi pendek.

Tangan dan kaki terasa dingin.

Warna kulit membiru (sianosis).

Ingat, segeralah temui dokter bila mengalami gejala-gejala di atas. Pasalnya, penyakit jantung yang tak ditangani dengan tepat dan cepat, bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Misalnya:

Gagal jantung, terjadi saat jantung enggak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa terjadi akibat penyakit jantung koroner (PJK), infeksi jantung, hingga penyakit kelainan jantung.

Serangan jantung. Komplikasi ini bisa terjadi ketika bekuan darah menghambat aliran darah ke jantung yang sudah menyempit sebelumnya, dan merusak bagian ototnya.

Henti jantung mendadak. Dapat terjadi saat fungsi jantung berhenti mendadak. Alhasil, pengidapnya tak bisa bernapas dan kehilangan kesadaran. Hal yang bikin resah, bila tak ditangani dengan cepat, hal ini bisa mengakibatkan kematian.

PJK juga bisa memicu stroke iskemik, kondisi ketika arteri ke otak tersumbat, sehingga tak menerima aliran darah yang cukup.

Yang satu ini kondisi ketika terjadinya pembesaran di dinding arteri, bila pecah dapat menyebabkan kematian.

Nah, buat sobat pong pong apabila mengalami gejala diatas segera cek ke dokter ya sobat.

Tr : Khoirunisyah Piliang

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali