Kerjasama Dengan KNKS, UMSU Berharap Perekonomian Semakin Maju

Kerjasama Dengan KNKS, UMSU Berharap Perekonomian Semakin Maju

- in Kabar Kampus
288
0

Teropongonline, Medan-Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FAI UMSU) mengadakan Kuliah Umum dan Penandatanganan Kerjasama (MoU) dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dengan tema “Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia”. Kegiatan berlangsung di Auditorium Jl. Kapten Muchtar Basri No.3 Kota Medan. Rabu, (27/11/19).

Turut hadir wakil rektor I Dr. Muhammad Arifin Gultom, S.H, M.Hum, wakil dekan I FAI Zailani S.Pd.I, M.A, Dr. Taufik Hidayat, M.E.c selaku direktur hukum, promosi dan hubungan eksternal KNKS beserta jajarannya.

Wakil dekan I Fakultas Agama Islam, Zailani menurutnya kerjasama bentuk syariah dilihat secara sejarah bahwa ini antara riba dengan riba tetapi dalam lingkup prinsip kejujuran.

“Kerjasama dalam bentuk syariah kalau menurut pahaman saya secara sejarah bahwa prinsip syariah itu antara riba dengan riba dalam kajian muamalah dan biasanya landasan prinsip yang dilakukan adalah prinsip kejujuran,” tuturnya.

Ia juga mengatakan kerjasama yang dilakukan bersama dengan KNKS akan berlanjut kedepannya meskipun dalam bentuk kegiatan yang lain.

“Kerjasama dengan KNKS kali ini bukan merupakan kerjasama untuk terakhirnya berharap kedepannya ada kerjasama lain dalam bentuk apapun,” tuturnya..

Selain itu, wakil rektor I Arifin Gultom mengatakan pada topik kali ini sebuah percepatan akselerasi ekonomi Indonesia dimana ada satu teori yang dapat dipakai yakni teori sistem yang mana orang-orang harus memahami substansi, struktur dan keuangan.

“Cara mempercepat laju ekonomi itu dengan adanya aturan sebagai payung hukum, ada lembaga yang menopang berbagai kegiatan bank syariah dan ketiga untuk mempercepat akselerasi ini harus tumbuh budaya yang sadar terhadap keuangan syariah tanpa divonis berat karena kita juga masih berbeda-beda pendapat,” katanya.

Dengan adanya kerjasama bersama Direktur KNKS, semoga kedepannya perekonomian semakin maju dan berkembang dimana negara Indonesia terlebih mayoritas umat Islam.

“Dalam kerjasama bersama KNKS semoga menjadi pintu pengembangan ekonomi syariah dan masa yang akan datang jauh lebih besar dimana Indonesia yang negaranya mayoritas umat muslim,” harap wakil rektor tersebut.

Tr :Muhammad Ryzki Alhaj

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan