Workshop Ketiga Festamasio

Workshop Ketiga Festamasio

- in Kabar Kampus, kabar medan
282
0

Teropongonline, Medan-Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) hari ke-3 menghadirkan Workshop dengan tema “Kepenulisan Naskah” yang di bawakan oleh Yondi Tanto seorang seniman dari Medan. Kegiatan ini berlangsung di Taman Budaya Sumatera Utara Jalan Perintis Kemerdekaan. Kamis, (21/11/19) .

Seorang seniman Kota Medan Yondi Tanto yang menjadi pemateri dalam workshop ini ia mengatakan kepada peserta workshop hal-hal yang harus di tekankan adalah bahwa kita harus yakin bahwa kita bisa menjadi penulis dan kita dapat menciptakan ruang serta ketakutan-ketakutan sesuatu yang kita tulis harus bisa di lawan.

“Yang pertama adalah ketika kita menjadi penulis itu tidak meyakini kalau kita bisa menulis, yang kedua ketakutan -ketakutan ketika kita menulis sesuatu yang kita tuliskan itu justru tidak bisa kita pahami sendiri tetapi malah orang lain bisa memahami tulisan kita, itu artinya membedah dari persoalan persoalan ketakutan kita sebagai penulis bahwa kita mampu menulis agar mereka tidak memiliki ketakutan, ruang itulah kita buat, ” katanya.

Ia juga mengatakan permasalahan utama yang sering terjadi dari seorang penulis pemula adalah sebuah kejenuhan yang mana akhirnya banyak membuat penulis pemula berhenti dalam menulis.

“Mentok dan jenuh, untuk mengatasi kejenuhan ketika kita menulis dengan media yang sama maka kita harus bisa menikmati kejenuhan itu barangkali menggambar-gambar dengan media yang sama dengan pensil atau membuat puisi, dari situ kita bisa menikmati kejenuhan itu, penulis itu mempunyai ruang tersendiri dia bisa menghentikan matahari dari tulisannya,” jelasnya.

Selain itu Jihan Mendasari selaku panitia Publikasi dan Dokumentasi (Publidok) mengatakan ini adalah workshop ke tiga yang di laksanakan di acara ini.

“Ini adalah workshop yang ketiga, itu tentang kepenulisan naskah jadi sebelumnya ada workshop juga. Dua workshop sebelumnya itu yang pertama tentang ke aktoran dan yang kedua tentang sutradara,” ungkapnya.

Disamping itu, Raisha selalu peserta workshop yang berasal dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) yang juga anggota teater Gabi memberikan tanggapannya, Ia mengatakan sangat membantu dirinya sebagai seorang pemula dalam menulis naskah sehingga menjadi paham.

“Workshop hari ini bagus karena saya lagi belajar menulis naskah jadi saya sangat terbantu dari workshop yang di sampaikan bang Yondi, tadi yang menurut saya kurang paham dan awalnya saya tidak tau jadi tau dan menurut saya selanjutnya harus di teruskan, ” harap Raisha.

Tr iqbal_putra_suheri & Arum Sari Annar
Editor : Muhammad Ryzki Alhaj

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Antrean Kapal Pengangkut di Singapura Pemicu BBM Langka di Sumut

Teropongonline, Medan-“Masyarakat dibuat resah dengan kelangkaan yang terjadi