Diseminasi Kegiatan Bidang Penalaran dan Kreativitas

Diseminasi Kegiatan Bidang Penalaran dan Kreativitas

- in Kabar Kampus, kabar medan
309
0

Teropongonline, Medan-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menyelenggarakan Diseminasi Kegiatan Bidang Penalaran dan Kreativitas yang dihadiri 80 Universitas Negeri dan Swasta serta 15 anggota Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Kegiatan ini berlangsung di Pascasarjana UMSU Jalan. Denai. Rabu, (20/11/2019).

Pada acara ini, pemateri-pemateri akan memaparkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan nasional mahasiswa, salah satunya yaitu PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa).

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd. mengatakan PKM sebuah cara belajar yang di anggap efektif karena mampu mencerdaskan anak bangsa.

“PKM merupakan pendekatan pembelajaran yang dipilih melalui project best learning yang bertujuan untuk mendidik anak-anak Indonesia yang kreatif dan kritis,” tuturnya.

Ia juga mengatakan PKM banyak sekali menyita waktu sebab memebutuhkan pemahaman yang mampu menyelesaikan masalah dengan metode ilmiah.

“Proses PKM yang sangat memakan waktu cukup lama membutuhkan penalaran yang mampu memecahkan masalah dan metode ilmiah dengan menggabungkan logictual academic dan logika induktif dalam sebuah proses,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mempraktikkan PKM ini tidak sering terlihat dengan mata karena misalnya kegiatan Sepak Bola yang bukan merupakan sekedar kreatif namun diajarkan juga kerja sama dengan anggota manapun.

“kegiatan mahasiswa saat ini tidak semata-mata diliat apa yang tampak. Semisalnya saya mencontohkan sepak bola, dari sepak bola bukan sekedar kreatif tapi dilatihkan daya juang yang tinggi, ditekankan tim work, kemudian saling peduli, saling mengalah sampai tujuan,” tambahnya.

Tr : Yeni Aisyah
Editor : Muhammad Ryzki Alhaj

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Tersingkir di UCL, Barcelona Resmi Turun Kasta

Teropongonline, Medan-Barcelona dipastikan terdepak dari Liga Champions musim