Markaz LPTQN UMSU Mencetus Program Klinik Al-Qur’an

Markaz LPTQN UMSU Mencetus Program Klinik Al-Qur’an

- in Kabar Kampus
340
0

Markaz Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Nasional (LPTQN) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mencetus program klinik Al-Qur’an untuk mengatasi kurangnya pemahaman para mahasiswa dalam tata cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Jumat, (25/10/19).

Junaidi, S.Pdi.,M.Si selaku salah satu pengurus Markaz LPTQN mengatakan, dari pengamatan setiap semesternya banyak mahasiswa yang kurang dalam melafazdhkan bacaan Al-Qur’an maka dibentuk Klinik Al-Qur’an tersebut. “Melalui pengamatan Kajian Intensif Al islam Muhammadiyah (KIAM) bahwa setiap semester nya banyak mahasiswa UMSU yang kurang baik dalam melafazdhkan bacaan al-qur’an, maka kita bentuklah klinik Al-Qur’an melalui Markaz LPTQN,”ujarnya.

Selain itu, ia berharap dengan program klinik Al-Qur’an mahasiswa tidak hanya unggul dalam ilmu akademis namun juga unggul dalam intelektual keagamaan. “Saya berharap dengan ada nya program klinik Al-Qur’an dari Markaz LPTQN selain dapat mengatasi kurangnya mahasiswa dalam tata cara bacaan, namun juga bisa bertambah sedikit ilmunya. Al-Qur’an sangat penting untuk seorang hamba dan tidak hanya unggul dalam ilmu akademis namun juga berharap mahasiswa unggul dalam intelektual keagamaan,”tuturnya.

Adnan Tumangger selaku salah satu relawan mengatakan di LPTQN para mahasiswa akan dibina sebaik mungkin sampai membaca Al-Qur’an dengan fasih dan mengamalkan ilmu yang telah didapat nanti. “Dengan adanya Markaz LPTQN ini insya’allah akan kita bina mereka sebaik mungkin sampai bisa membaca Al-Qur’an dengan fasih dan mengamalkan ilmunya yang telah didapat. Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh [HR. Muslim no. 1631],”ujarnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa UMSU sangat menjunjung tinggi ilmu tentang keimanan maka dari itu seluruh mahasiswa harus dituntut unggul dalam ilmu keagamaan sebab mahasiswa adalah penerus generasi bangsa Indonesia.”UMSU menjunjung tinggi keimanan maka mahasiswa dituntun unggul ilmu agamanya sebab kita penerus generasi bangsa indonesia. Semoga dengan adanya program klinik Al-Qur’an tersebut sedikit banyak nya membantu membangun karakteristik mahasiswa umsu menjadi lebih baik lagi,”ujarnya.

Program klinik Al-Qur’an tersebut diberlakuan setiap hari dari pagi hingga sore yang berlokasi diantara gedung F dan lapangan bola basket. Program tersebut mempunyai empat pelayanan yaitu Tilawah Qur’an, Hafizh Al-Qur’an, Tartil Al-Qu’an dan Membaca Iqra.

Tr : Rohdearna Ramadhani
Editor: M.Lutfi Nasution

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali