Kalender Islam Global Diperlukan dalam Membentuk Peradaban Umat Muslim

Kalender Islam Global Diperlukan dalam Membentuk Peradaban Umat Muslim

- in Kabar Kampus, kabar medan
220
0

Teropongonline, Medan-Ketua Majlis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Syamsul Anwar, MA dalam Seminar Nasional memaparkan pentingnya Kalender Islam Global. Kegiatan berlangsung Aula Pascasarjana UMSU Jl. Denai No. 207 Medan. Pada Kamis (17/10/19) pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, pagi.
.

Dalam pembahasan Kalender Islam Global terdapat Maqasid Syariah yang berarti makna dan hikmah yang ingin diwujudkan untuk seluruh dan sebahagian masyarakat muslim.
.
“Maqasid Syariah secara harfiah itu tujuan syariah adalah makna dan hikmah yang hendak diwujudkan oleh pembuat syariah tersebut untuk seluruh atau sebahagian,” tutur Syamsul.
.
Adapun landasan Kalender Islam yang harus dipenuhi umat muslim ada 5 point. “Transfer imkanu rukyat, penerimaan hisab, kesatuan mutlak, kesalarasan hari dan tanggal seluruh dunia dan penerimaan garis tanggal Internasional.
.
Permasalahan yang dihadapi biasanya menentukan hari besar seperti Idul Fitri yang jatuh tanggal 1 pada bulannya namun berbeda harinya. “Pada Idul Fitri dulu yang ditandai tanggal 1 itu tidak sesuai dengan nama harinya jadi itulah kenyataan dimana dikritik umat Islam tidak menghargai mengenai tentang hari,” tambahnya.
.
Mengenai hal tersebut Syamsul menjelaskan 3 syarat yang terkandung dalam kalender islam global. “Tidak menjadikan imkanu rukyat sebagai kreteria kalender, tidak boleh menahan suatu kawasan untuk masuki bulan baru ketika tempat itu sudah terjadi rukyat, tidak boleh memaksa suatu mamasuki bulan baru karena sudah mamasuki ijtima ulama,” jelasnya.
.
Dikaji dalam Mazhab Imam Asy – Syafi’i hal ini bertujuan untuk menginterpretasikan kepada sesama muslim agar seluruh umat dapat bersatu tidak berbeda pendapat. “Imam Asy – Syafi’i mengenai kalender Hijriah Tunggal ini supaya menginterpretasi segala perbuatan. Kalender itu bertujuan mengkoordinasi seluruh umat muslim di dunia,” tutupnya.

Tr : Muhammad Ryzki Alhaj
Editor : Mayang Anggraini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans