Arifin Gultom : Umat Islam Harus Bersatu

Arifin Gultom : Umat Islam Harus Bersatu

- in Kabar Kampus
266
0

Teropongonline, Medan-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) adakan Seminar Nasional bertajuk Kalender Islam Global. Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Jl. Denai 207 Medan. Kamis, (17/10/19).
.
Ada tersebut dihadiri oleh Rektor UMSU yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Muhammad Arifin Gultom, S.H.,M.Hum, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (MTT PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Syamsul Anwar, MA, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Sumatera Utara Dr. Sulidar, M.Ag, Kepala OIF UMSU Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar Butar, MA dan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara Amrizal S.Si., M.Pd.
.
Dalam kata sambutannya Ketua PWPM Sumatera Utara Amrizal, S.Si.,M.Pd menginginkan kegiatan ini mampu menambah wawasan dan memberikan edukasi dibidang kalender global. “Mudahan kegiatan ini bisa menambah wawasan di bidang kalender global,” pinta Amrizal.

Acara tersebut dibukan oleh Wakil Rektor I UMSU Dr Arifin Gultom, S.H.,M.Hum. Dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pembahasan pada seminar nasional kali ini merupakan pembahasan yang telah lama dibicarakan. “Tema hari ini sudah menjadi trending topik tingkat media massa sampai skala internasional,” tutur WR I UMSU.

Ia menjelaskan tujuan dari seminar tersebut untuk menghindari benturan pada hari – hari besar dimana terdapat 2 kelompok yang berbeda pendapat antara zona barat dan zona timur.

“Ada dua pendapat, pertama yang menginginkan zona timur dan barat dibedakan dan ada yang pilih digabungkan dalam menentukan model mana yang dipakai umat islam diseluruh dunia,” jelas Arifin.

Dalam menyatukan pendapat, umat islam di Indonesia belum mencapai kesepakatan. Atas hal ini perlu adanya ahli – ahli yang merampungkan kalender islam global.

“Di Indonesia belom mendapatkan kesepakatan, memang ini harus kita samakan persepsi dan untuk itu perlunya ahli Astronomi untuk menentukan kelender islam ini,” tambah Arifin.

Ia berharap agar kiranya kegiatan tersebut bermanfaat dan dapat mempersatukan tujuan umat islam dalam menerapkan Kalender Islam Global

“Berharap umat islam teguh tetap satu tujuan mewujudkan kelender islam global ini agar diterapkan di belahan dunia lainnya selain Indonesia,” Harapnya.

Tr : Muhammad Ryzki Alhaj
Editor : Mayang Anggraini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Antrean Kapal Pengangkut di Singapura Pemicu BBM Langka di Sumut

Teropongonline, Medan-“Masyarakat dibuat resah dengan kelangkaan yang terjadi