Peminat Prodi Bimbingan Konseling 2019 Tetap Stabil

Peminat Prodi Bimbingan Konseling 2019 Tetap Stabil

- in Kabar Kampus
619
0

Teropongonline, Medan -Kurangnya peminat program studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BK-FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) 2019 tidak mengurangi jumlah mahasiswa dari tahun kemarin. Selasa, (24/09/19).
.
Drs. Zaharuddin Nur M.M selaku sekretaris prodi BK mengatakan tahun ini jumlah mahasiswa baru jurusan Bimbingan Konseling (BK) tetap stabil karena kurangnya antusias terhadap program studi tersebut.
.
“Tahun ini ada sekitar 60 mahasiswa baru yang masuk ke program studi bimbingan konseling, sama seperti tahun lalu. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan 4 tahun lalu yang jumlah mahasiswa baru mencapai sekitar 130an mahasiswa.” ujarnya.
.
Program studi Bimbingan Konseling sendiri memiliki dosen tetap yang berjumlah sekitar 15 orang yang terbilang belum memadai. Untuk ruang kelas bimbingan konseling sendiri, terdapat 4 ruang kelas yang terdiri 2 kelas pagi, 1 kelas sore dan 1 kelas malam.
.
Ia juga mengatakan jika menjadi dosen program studi bimbingan konseling cukup berat. “Sebagai seorang tenaga pendidik harus tajam dan terdalam jiwa bimbingnya, bimbingan konseling harus menjiwai, juga harus bisa membentuk karakter seseorang,” tambahnya.
.
Selain itu Dra. Jamila M.pd selaku ketua program studi BK juga mengatakan alasan dari kurangnya peminat program studi tersebut. “Hal ini disebabkan kurangnya kebijakan dari pemerintah dan faktor ekonomi juga mempengaruhi,” katanya.
.
Menurut ketua program studi tersebut banyak yang memandang sebelah mata program studi bimbingan konseling. “Iya, banyak sepele, padahal program studi ini adalah program studi yang cukup sulit di karenakan dia harus memahami jiwa seseorang,” tambahnya.
.
Sebagai mahasiswa baru Bimbingan Konseling, Ratih Amara mengaku memiliki kemampuan dalam menghadapi masalah seseorang hal itu menjadi salajsatu alasan ia menetapkan pilihan di prodi tersebut.
.
“Saya masuk jurusan BK karena saya sering mendengarkan curhatan dari teman dan saya yakin saya bisa memberikan solusi dari masalah yang dia hadapi makanya saya memilih masuk jurusan ini,” ujarnya. 

Tr : Sarmila Damanik & Nurul aina
Editor :Ryzki Alhaj

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8