Kostart Lulus Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia

Kostart Lulus Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia

- in Kabar Kampus
316
0

Teropongonline, Medan – Kostart salah satu bisnis mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berbentuk percetakan berhasil lolos dan didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI ( Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) sebesar Rp.11.000.000. Jenis produk yang dihasilkan yaitu cetak foto, design grafis/spanduk, gantungan kunci, pin, souvenir, brosur dan sebagainya.

Wahyudi mahasiswa Teknik Elektro yang juga ketua tim mengatakan bisnis tersebut terbentuk dari adanya kesamaan hobby dibidang design dan fotografi dari tiap anggota. Kemudian salah satu anggota memanfaatkan gudang kontrakannya menjadikan lokasi tempat mereka membuka usaha.

” Awalnya punya hobby yang sama dibidang design dan fotografi, terus kami berkumpul berdiskusi untuk menentukan nama kemudian kami kasih nama kostart karena kami semua kan anak kos terus tempatnya pun tempat kos-kosan, jadi lumayan unik gitulah,” katanya saat ditemui Kru Teropong. Sabtu, (14/09/19).

Tahapan pelaksanaan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) meliputi pengusulan proposal, desk evaluation dan penetapan, mentoring dan pelatihan, monitoring dan evaluasi, serta ekspo Kompetisi Mahasiswa Indonesia. Nantinya akan dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam, Kepulauan Riau pada November mendatang.

Wahyudi berharap bisa mendapatkan medali pada ajang KBMI dan semoga mahasiswa UMSU yang lain bisa memanfaatkan peluang yang ada.

“Target kami medali, semoga kami bisa mendapatkan medali tersebut dan untuk mahasiswa lain berwirausaha selagi masih banyak peluang, Karna di UMSU sendiri prestasi itu sangat didukung sekali”, harapnya.

Selain itu Rahmad Ramadhan selaku marketing Kostart yang juga mahasiswa Teknik Elektro UMSU pernah ditawarkan lokasi oleh pihak kampus yang berada di dalam lingkungan UMSU, tetapi dengan catatan bagi hasil namun untuk kejelasannya mereka masih mendiskusikannya.

Untuk harga, Kostart menawarkan harga yang terjangkau dari tempat lainnya. Selain mahasiswa dan lembaga sekitaran UMSU, kostart juga memiliki pelanggan di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), diluar kota serta beberapa instansi lainnya.

” Ia kemarin ditawari tempat di dalam UMSU, tapi dengan catatan kami bagi hasil sama pihak UMSU untuk berapa persennya itu kami masih belum jelas jadi masih mau diskusi dulu,” tambahnya.

Reporter : Sariya

Editor : Muhammad Ryzki Alhaj

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)