99.99 Komik Strip Karya Mahasiswa UMSU Juara Favorit Pimnas-32

99.99 Komik Strip Karya Mahasiswa UMSU Juara Favorit Pimnas-32

- in Kabar Kampus
321
0

Teropongonline, Medan -Dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS-32) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengirimkan 6 tim ke Universitas Udayana, Bali. Salah satunya tim Rizki Ajura Ayu Ningtia membawa judul ‘Costrip.99.99’ berhasil menyabet juara favorit. Sabtu, (31/08/19).

Atas perolehan juara favorit, Rizki dibantu oleh tiga temannya, Nabilah Khalisah Boru Simamora, Dinda Dewi, Meily Winie Manik, dan Fatimah Sari Siregar selaku dosen pendamping.

Rizki sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengatakan ide awal pembuatan buku ‘99.99 komik strip’ karena prihatin terhadap generasi bangsa yang malu untuk berbahasa daerah.

” Melihat perkembangan zaman dengan banyaknya penggunaan teknologi membuat anak-anak melupakan penggunaan bahasa daerah dan malu untuk berbahasa daerah,”katanya.

99.99 pada komik karakter memiliki makna 99 cerita dengan 9 bahasa daerah dan dengan 9 karakter pembangunan moral anak.

Rizki dan temannya meraih juara favorit karena dalam karyanya ia dan temannya mengangkat tentang tari-tarian Indonesia di dalam komiknya.

” Dalam melakukan presentasi kami membawakan tarian dari daerah yang kami angkat kedalam buku komik,”lanjutnya.

Terlepas dari itu, isi dari buku komik karakter yaitu untuk mengenalkan budaya dan bahasa daerah Sumatera Utara menuju pasar Internasional.

” Kami 4 putri Sumatera Utara yang peduli akan kearifan lokal, sehingga kami ingin mengenalkan kepada dunia bahwa di Sumatera Utara banyak ragam budayanya dan bahasanya,”tambahnya.

Kedepannya, ia berharap karyanya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sebab dengan membaca komik karakter, anak-anak Indonesia semakin cerdas.

” Ingin dikenal masyarakat luas khususnya Indonesia, terlebih dikenal masyarakat dunia dan dengan membaca komik karakter, anak di Indonesia lebih terbangun lagi,”harapnya.

Tr: Muhammad Ryzki Alhaj
Editor : Mayang Anggraini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PK IMM FEB UMSU Laksanakan DAD

Teropongonline, Medan-Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)