Tips Mengatur Keuangan Yang Sehat Bagi Anak Kos

Tips Mengatur Keuangan Yang Sehat Bagi Anak Kos

- in Artikel
258
0

Teropongonline,Medan-Mengatur keuangan mungkin hal sulit bagi sebagian Orang.Namun, siapa pun bisa melakukannya asal membiasakan diri untuk mengelola setiap pendapatan dan pengeluaran yang diterima.

Nah sobat pong pong kali ini kita akan membahas sedikit tentang keuangan anak kos. Pasti sebagian besar mahasiswa yang tinggal jauh dari rumah pernah kan mengalami yang namanya telat kiriman, tanggal muda berasa tanggal tua, ataupun masalah keuangan lainnya. Nah gimana sih tips agar kita bisa mengatur keuangan ketika kita jauh dari orang tua?

1.Membuat daftar belanja

Sebagai anak kos yang jauh dari orang tua, kamu bertanggung jawab terhadap semua kebutuhan pribadimu. Ketika semua perlengkapan pribadi yang kamu butuhkan untuk menunjang hidupmu habis, kamu harus segera berbelanja kembali. Nah, saat-saat rawan menghabiskan uang adalah saat berbelanja. Maka dari itu, sebelum berbelanja kamu sangat perlu membuat daftar belanja yang berisi barang apa saja yang kamu butuhkan. Untuk melihat perkiraan harga, kamu bisa melihatnya melalui internet. Jumlahkan lalu bawalah uang secukupnya atau sesuai perkiraan saat pergi ke supermarket.

2.Menabung

Ini nih yang wajib selalu kamu lakukan saat berada jauh dari orang tua, menabung! Yup, dengan menabung kamu akan dapat untung! Uang kiriman dari orang tua, sebaiknya disisihkan sebagian untuk mengisi rekening tabunganmu. Jika ada keperluan mendesak, uang tabungannya akan amat membantu dan kamu tidak perlu merepotkan orang tua. Tidak harus selalu menabung di bank kok, di celengan ayam pun kamu bisa mengumpulkan koin demi koin untuk dikumpulkan. Menabung itu menyenangkan loh!

3.Tidak Mudah Tergoda untuk Belanja

Jika boros dan memiliki hobi belanja, kamu akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan pengeluaran.Oleh sebab itu, kamu harus menahan diri dari godaan belanja dan semua promo yang ditawarkan.
Promo atau diskon akan menguntungkan jika memang untuk barang yang dibutuhkan.
Sebaliknya, jika hanya belanja karena barang murah tanpa melihat kebutuhan, itu artinya kamu mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak penting.
Orang-orang dengan keuangan yang sehat tidak akan mudah tergoda untuk belanja karena setiap pengeluaran sudah dianggarkan.
Jika mereka asal belanja karena tergoda pada promo, alokasi dana untuk pengeluaran lain akan terganggu.

4.Kurangi kegiatan yang tak penting

Dalam usahamu untuk berhemat, maka kamu perlu sekali untuk menghindari berkegiatan yang tidak penting selama kamu memiliki waktu senggang. Misalnya pergi ke mall, atau pergi ke tempat yang akan membuatmu berkeinginan mengeluarkan uang. Shebaiknya kamu berkumpul dengan temanmu di sekitar kampus, taman terbuka, atau ruang terbuka publik yang ada di kotamu.

5.jangan menunda melakukan pembayaran

Sangat tepat jika kamu selalu membayar semua tagihan seperti uang kos atau uang kuliah secara tepat waktu. Begitu orangtua mengirim uang atau kamu baru saja menerima gaji, maka segeralah membayarkannya untuk uang sewa kosan.

Bukan hanya mendidik rasa tanggung jawab dan disiplin, namun tindakan ini juga akan menghindarkan kamu dari sejumlah masalah yang mungkin terjadi di luar perhitungan, misal kamu kehilangan uang tersebut, atau bahkan lupa membayarkannya hingga terlambat dan menimbulkan masalah lainnya.

Intinya, jangan pernah menunda pembayaran yang utama ini. Sebab ini sangat berisiko untuk memunculkan masalah lainnya. Bagaimanapun juga, berlaku disiplin akan lebih berdampak positif ke depannya dan membiasakan kamu berlaku lebih baik dan teratur.

6.Jangan malas cuci pakaian sendiri

Sudah banyak tempat laundry pakaian yang menawarkan harga murah dan menggiurkan untuk menggunakan jasanya. Eits, memang selintas terlihat murah, hanya sekitar Rp6.000-Rp7.000 per kg saja. Tapi tahukah kamu, bisa jadi jumlah pakaian yang kamu kenakan dalam seminggu itu lebih dari satu kilo, bahkan beberapa kilo.

Nah, katakanlah dalam 1 minggu pakaian kotor kamu mencapai 3 kg, berarti Rp6.000 x 3 = Rp18.000. Dalam sebulan bila 4 kali menggunakan jasa laundry, maka kamu butuh merogoh kocek sebesar Rp18.000 x 4 = Rp72.000.

Bisa dibayangkan, dengan uang Rp72.000 sebulan hanya untuk cuci baju di laundry, kalau untuk beli deterjen baju bisa banyak sekali, bukan? Dan sabun cuci baju itu bisa digunakan untuk beberapa bulan ke depan bila kamu bersedia mencuci baju sendiri. Hemat, kan?
Jadi, dengan begitu kamu bisa menekan pengeluaran sebaik mungkin. Kamu bisa mencuci pakaian setiap akhir pekan maupun saat libur lainnya. Toh, dengan mencuci baju sendiri sama saja dengan olahraga, bukan? Badan lebih sehat karena banyak bergerak.

Masa-masa awal menjadi anak kos adalah masa terberat apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan semuanya sendiri. Namun, dengan tips-tips di atas, kamu dapat mulai belajar menjadi anak kos yang hemat dan cerdas fren. Menjadi hemat bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang, kamu dapat meluangkan waktu pergi ke tempat terbuka di kotamu bersama teman-teman.Yuk mulai berhemat sekarang agar terbiasa di kehidupan nanti. Semoga tips diatas bermanfaat ya

Reporter : Khoirunnisa Piliang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

9 Urutan Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia

Teropongonline, Medan-Jumlah penduduk dunia saat ini (2021) diperkirakan mencapai