5 Manfaat Mengucapkan Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah

5 Manfaat Mengucapkan Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah

- in Almamater, Ragam
24023
0

Teropongonline,Medan-Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, manusia tentunya memiliki masa dimana hidup terasa lelah dan berat. Allah menciptakan salah satu cara agar manusia bisa melalui semua itu. Berdzikir adalah cara yang ampuh untuk memohon kekuatan kepada Allah SWT. Berdzikir dapat memberikan ketenangan dan memohon jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi.

Berikut adalah salah satu lafadz dalam berdzikir yang memiliki 5 manfaat dalam kehidupan manusia, yakni Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billa

1.Memberikan Kekuatan
Kalimat Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billa memiliki arti “Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecualli atas pertolongan Allah”. Setiap orang yang memiliki masalah atau kebimbangan hati dianjurkan membaca kalimat hauqalah sebab akan menumbuhkan harapan datangnya pertolongan dari Allah SWT. Karena kekuatan yang paling dahsyat itu hanyalah kekuatan yang datang dari yang Maha Kuasa.

2.Meringankan Beban / Masalah
Manusia di muka bumi ini tentunya memiliki masalah yang dihadapi. Masalah karena pekerjaan di kantor, masalah yang dihadapi didalam rumah tangga, masalah yang dihadapi mahasiswa di kampus dan lainnya. Dari setiap masalah yang datang tentu ada jalan keluarnya. Sembari sholat dan berdoa kepada sang Khaliq lengkapilah hal tersebut dengan berdzikir yaitu dengan mengucapkan kalimat Hauqalah. Kalimat ini memiliki makna yang luar biasa, niscaya jika manusia itu bersungguh-sungguh berserah diri kepada Allah atas setiap masalah yang ada Allah akan memberikan kemudahan.

3.Menyejukkan Hati
Manusia memiliki sifat marah yang tertanam pada diri masing-masing, sifat tersebut dapat dikendalikan tergantung bagaimana manusia itu menyikapinya. Jika ia tak dapat mengendalikan amarahnya maka terjerumuslah dia dalam masalah sungguh itu adalah sifat yang tercela dan apabila ia dapat mengendalikan amarahnya sungguh dia orang yang beruntung. Saat emosi memuncak hendaklah kita segera beristgfar dan kemudian lengkapilah dengan berdzikir. Allah befirman dalam Al-quran:

“(Yaitu)orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah (zikir). Ingatlah, dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra’du:28).

4.Bekal di Akhirat
Sungguh Mulia Allah SWT yang memberikan kemudahan bagi umatnya untuk bisa ke Syurga-Nya. Salahsatunya berzdikir yaitu dengan mengucapkan lafadz Hauqalah. Hal itu dibuktikah dalam hadist, yaitu:

Rasulullah Shallalahu ’alaihi Wasallam bersabda:
“Wahai Abdullah bin Qais, maukah engkau kuberitahu tentang salah satu tabungan/simpanan dari simpanan-simpanan surgawi? Abdullah bin Qais menjawab: ‘Tentu, wahai Rasulullah’. Ia bersabda: ‘Ucapkanlah laa haula wa laa quwwata illa billah’” (HR. Bukhari no.4205, Muslim no.7037)

5.Dekat dengan Allah
Cara manusia berinteraksi dengan sang Pencipta dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan shalat, ngaji, dan berdzikir tentunya. Ada banyak kalimat dzikir salah satunya kalimat Hauqalah. Memperbanyak pengucapan kalimat tersebut dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT dan itu membuat kita menjadi manusia yang beruntung karena dengan memiliki hubungan yang baik dengan sang Pencipta sungguh memiliki kenikmatan yang tiada tara.

Reporter : Mayang Anggraini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Syarat Menjadi Wirausaha yang Sukses

Teropongonline, Medan-Steve Jobs, Walt Disney, Benyamin Franklin, Hans