Ciri-ciri Toxic People

Ciri-ciri Toxic People

- in Artikel
469
0

Teropongonline,Medan-Pernah dengar yang namanya Toxic People? Toxic people alias orang-orang yang “beracun” adalah jenis pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional.


Mereka sering menunjukan sikap berlebihan cenderung drama serta sering kali mengecilkan orang lain di sekitarnya. Tak mudah memang mengenali orang semacam ini, mereka biasa mengunakan topeng kebaikan dan suka membantu.

Beberapa sifat ini dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi toxic people :

  1. Manipulatif
    Orang beracun itu manipulatif. Modus mereka adalah membuat orang melakukan apa yang jadi keinginannya. Mereka sengaja menggunakan orang lain untuk mencapai apa pun tujuan mereka. Sampai membuat orang lain lupa akan tujuannya sendiri. Tetap buka mata dan telinga kamu untuk mengkritik, karena biasanya toxic people membuat kamu tidak ingin diberi saran oleh orang lain.
    Perilaku orang “beracun” ini hampir sama dengan perilaku psikopat. Jika mereka telah berhasil membuat kamu melakukan apa yang ia inginkan lewat manipulasi, selanjutnya ia akan melakukan hal-hal yang lebih parah lagi.
  2. Tidak bertanggung jawab
    Toxic people tidak bertanggung jawab atas perasaan mereka sendiri. Mereka mungkin akan mempertahankan perspektif mereka bahwa mereka tidak bersalah atas apa sudah terjadi.
  3. Bukan Tipe peminta maaf
    Mereka tidak  pernah meminta maaf dengan alasan apapun, karena mereka selalu melimpahkan kesalahannya pada orang lain. Mereka berusaha mendapatkan simpati dan perhatian dengan mengklaim status sebagai ‘korban’.
  4. Tidak konsisten
    Seorang toxic people cenderung tidak konsisten pada diri mereka sendiri.  Sehingga sulit untuk mengenali siapa mereka sebenarnya, mereka dapat mengubah sikap, perilaku serta perpektifnya untuk mencapai tujuan mereka. Mereka cenderung bersikap baik pada targetnya. Sehingga kamu tidak akan punya teman lain selain mereka.
  5. Hanya mau senangnya saja
    Salah satu ciri toxic people yang bisa kamu rasakan adalah mereka tidak ada buat kamu saat kamu membutuhkannya. Namun, mereka selalu memaksa kamu untuk menolong mereka saat mereka dilanda kesusahan. Tidak sampai di situ saja, jika mereka memang telah membantumu, hal tersebut akan dibahas dan diungkit terus-terusan. 
  6. Tidak berempati atau bersimpati
    Toxic people merupakan salah satu ciri orang yang tidak bisa mengerti dan memahami kondisi orang lain. Misalnya jika kamu sedang menceritakan masalah. Bukannya mendukung dan menghibur, mereka mungkin justru sibuk menghakimi dan menyalahkan kamu.
  7. Merendahkan atau meremehkan
    Apapun kesuksesan atau keberhasilan yang kamu punya, toxic people akan selalu menyangkal dan membuat kamu kesal. Ketika ia tahu kamu berhasil dan mendapat suatu pencapaian, ia secara tidak langsung akan membanding-bandingkan secara negatif dengan orang lain atau dirinya sendiri, atau bahkan menjatuhkanmu. Intinya, ia tidak senang atas keberhasilan yang kamu miliki dan mencoba untuk merendahkanmu.
  8. Cepat marah
    Bertengkar dengan teman adalah hal yang sangat biasa. Namun, teman beracun akan selalu marah padamu, bahkan meskipun kesalahanmu kecil dan tidak perlu dibesar-besarkan. Akibatnya, kamu akan merasa bersalah jika memberikan argumen terhadapnya.
  9. Selalu membicarakan diri sendiri.
    Adakah seorang teman yang gemar membicarakan prestasi dalam hidup mereka tanpa mau memberikan waktu kamu bercerita mengenai hidupmu? Nah, teman seperti itu kemungkinan besar adalah teman beracun. Sikap tidak peduli dan egois seperti itu hanya akan membuat kamu merasa tidak penting dan tidak bermakna.
  10. Tidak bersedia untuk berubah.
    Manusia pada dasarnya akan selalu berubah dan sesungguhnya perubahan adalah hal yang sangat penting. Untuk menjaga hubungan baik dengan siapapun, setiap orang harus beradaptasi terhadap kondisi yang pasti mengalami perubahan. Apabila ada teman yang ingin melakukan segalanya sesuai dengan keinginannya tanpa bersedia berubah alias egois dan keras kepala, kemungkinan besar teman tersebut termasuk beracun.

Itu dia ciri toxic people yang harus kamu waspadai sobat pong-pong. Jika sudah mengetahui ciri-ciri ini terdapat pada salah satu orang yang anda kenal. Jauhi mereka agar kehidupan dan kesehatan Anda tidak terganggu.  Lupakan orang seperti itu dan anggap mereka hanya masa lalu. Kamu pernah berpengalaman punya teman seperti ini, sobat pong-pong?

Reporter : Dwi Rizka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Website Kursus Online Gratis Bersertifikat

Teropongonline, Medan-Kursus online semakin menjadi andalan untuk meningkatkan keahlian dan