7 Tips Mengatasi Nyeri Haid

7 Tips Mengatasi Nyeri Haid

- in Artikel
1626
0

Teropongonline, Medan – Nyeri haid atau lebih dikenal dengan istilah Dysmenorrhea merupakan kondisi ginekologi di mana terjadi nyeri perut pada saat haid atau menstruasi. Dysmenorrhea juga dikenal sebagai ‘kram menstruasi’.

Masalah nyeri haid yang disebutkan di atas, adalah masalah yang paling sering dialami para wanita. Kram pada perut bagian bawah, mual, muntah, demam, menggigil, tubuh tidak fit dan pegal-pegal. Sakit dan nyeri tersebut akan menghilangkan konsentrasi para wanita, sehingga tidak heran jika banyak aktivitas yang terganggu selama masa menstruasi.

Untuk mengurangi dan mengatasi nyeri haid agar tidak sampai mengganggu aktivitas, ada 7 tips yang bisa sobat pong-pong lakukan yaitu :

1.Minuman Hangat
Banyak wanita yang mengaku bahwa nyeri atau sakit saat menstruasi berkurang jika mereka mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Mengonsumsi jahe hangat atau sup bening hangat bisa menjadi pilihan Anda.

2.Kompres Perut.
Nyeri atau kram pada perut dapat berkurang dengan mengompresnya dengan air hangat. Anda bisa memakai alat kompres khusus atau menggunakan handuk yang telah direndam air hangat.

3.Berbaring.
Berbaring di tempat tidur atau sofa dapat mengurangi nyeri yang Anda alami, terutama jika Anda sering mengalami nyeri di punggung ketika menstruasi. Beri bantal untuk menyangga lutut Anda, pejamkan mata, tarik napas panjang, buang perlahan. Lakukan terus sampai Anda merasa nyaman.

4.Pijatan Lembut.
Pijatan ringan pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram yang Anda alami. Lakukan dengan lembut, usap ringan telapak tangan Anda di bagian perut bawah. Atau bisa dengan mengoleskan minyak kayu putih yang dapat memberi rasa hangat sekaligus aroma yang menenangkan.

5.Minum Jamu.
Indonesia memiliki warisan bahan-bahan alami yang dapat membantu para wanita mengurangi nyeri saat menstruasi. Jamu kunyit asam dapat membuat tubuh segar dan fit selama menstruasi. Akan lebih baik jika jamu kunyit asam adalah buatan Anda sendiri.

6.Olahraga Ringan.
Saat menstruasi datang dan tubuh tidak fit, olahraga ringan dapat mengatasi masalah tersebut. Olahraga ringan seperti berjalan atau senam yang dilakukan sebelum dan selama menstruasi dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh lebih segar.

7.Angkat kaki.
letakkan di tempat yang lebih tinggi dengan menggunakan bantal. Hal ini bisa berguna untuk merilekskan otot-otot rahim.

Itu dia beberapa tips cara mengatasi nyeri Haid pada wanita, Semoga tips diatas bisa membuat aktivitas Anda tetap lancar selama masa menstruasi.

Reporter : Khoirunnisa Piliang

Sumber Gambar : Google

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi