Mahasiswa Teknik Mesin UMSU Menghibahkan Alat Pemotongan Kentang Kepada Yayasan Islamic Center

Mahasiswa Teknik Mesin UMSU Menghibahkan Alat Pemotongan Kentang Kepada Yayasan Islamic Center

- in Kabar Kampus
373
0

Teropongonline, Medan – Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FATEK UMSU) melaksanakan penyerahan alat “Pemotong Kentang Berbentuk Kubus” kepada Yayasan Islamic Center di Jl. Selamat Ketaren, Medan Estate. Minggu, (21/07/19) pagi.

Melibatkan 16 anggota dalam pembuatan alat Pemotongan Kentang ini salah satunya Yusuf Fadillah merupakan mahasiswa Teknik Mesin semester VIII yang juga menjabat sebagai ketua tim tersebut.

Yusuf Fadillah menjelaskan terdapat beberapa indikator yang mampu dijadikan alasan terciptanya alat ini, yaitu sebagai bentuk penyelesaian mata kuliah dan disamping itu pula karena nama mata kuliah Teknologi Tepat Guna (TTG) sendiri.

“Tujuan kami pertama untuk menyelesaikan mata kuliah, yang kedua diambil dari nama mata kuliah nya Teknologi Tepat Guna yang mana ketika alat berteknologi diciptakan dapat membantu masyarakat yang membutuhkannya,”jelas nya.

Turut hadir juga Ir. H. Arfis Amiruddin, M.SI selaku dosen pemibimbing tim tersebut. Ia mengatakan pada mata kuliah Teknologi Tepat Guna (TTG) ini mengharuskan mahasiswa untuk menciptakan sebuah alat yang memiliki nilai fungsi.

“Saya akan selalu menyuruh kepada mahasiswa saya untuk mengaplikasikan apa yang telah dikerjakan mereka, ini kan mata kuliah TTG yang mengaharuskan mahasiswa menciptakan sebuah alat yang jelas memiliki fungsi,” katanya.

Selanjutnya, ia mengatakan penyerahan alat Pemotong Kentang ini agar memudahkan pekerja di Yayasan Islamic Center untuk mengolah makanan yang terbuat dari kentang.

“Mahasiswa membuat alat Pemotong Kentang ini diharapkan mampu memberikan dorongan untuk mempermudah mengolah makanan, yang terutama olahan kentang bagi Yayasan Islamic Center,” lanjutnya.

Arfis juga berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat dijangkau oleh media massa, sebab adanya media massa karya mahasiswa UMSU akan dapat tersebarluaskan dan diketahui banyak pembaca.

“Saya rasa perlu adanya media massa seperti Teropong ini medianya Universitas, kemana kalian pergi jual kemampuannya dan juga kerjasama dengan media itu perlu agar bisa membantu untuk menyebarluaskan karya-karya mahasiswa teknik dan mahasiswa lainnya,” harapnya.

Drs. H. Abdul Rahman Kasbi, S.Pd.I selaku penerima alat dan pengelola penanggung jawab makanan Yayasan Islamic Center mengatakan dengan hadirnya alat Pemotong Kentang ini sangat membantu sebab jumlah santriwan dan santriwati yang hampir 1600 membutuhkan waktu 15 menit untuk mengelola 1Kg kentang.

“Saya merasa sangat terbantu besyukur sekali, karena dengan adanya alat ini saya berkeyakinan kalau kami manual memotong kentang dadu untuk 1 kg memakan waktu sampai 15 menit dari proses mengupas dan memotong kentang. Tetapi dengan adanya alat pemotong ini hanya membutuhkan waktu 5 menit saja,”kata nya.

Ia juga mengatakan berterimakasih atas pemberian alat Pemotong Kentang kepada Yayasan Islamic Center dan berharap mahasiswa Fakultas Teknik UMSU tetap jaya.

“Mudah-mudahan dengan alat ini dari mahasiswa dan bapak Amiruddin semoga kedepan lebih eksis lagi, lebih jaya lagi lebih banyak manfaatnya di masyarakat terutama di pesantren tempat siswa ini mondok. Dan semoga mahasiswa UMSU Fakutas Teknik mudahan tetap jaya,” tambah Rahman.

Reporter : M. Ryzki Alhaj, Iqbal Putra Suheri

Editor : Mayang Anggraini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Efek Terlalu Sering Bergadang Bagi Wanita

Teropongonline, Medan-Idealnya, waktu tidur orang dewasa minimal 7-8