Sempat Mendung Pengunjung Tetap Antusias Melihat Gerhana Bulan

Sempat Mendung Pengunjung Tetap Antusias Melihat Gerhana Bulan

- in kabar medan
284
0

Teropongonline, Medan – Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) mengadakan pengamatan Gerhana Bulan Parsial dan Sholat Sunah Gerhana berjamaah. Dihadiri 50 pengunjung, kegiatan ini berlangsung di Kampus Pascasarjana. Jl. Denai No. 217 Medan Lantai VII. Rabu (17/07/19).

Hasrian Rudy Setiawan M.Pd selaku bagian Information Technology Obsivatorium Ilmu Falak (IT-OIF UMSU) mengatakan gerhana bulan ini terjadi diseluruh Indonesia, namun cuaca yang kurang bersahabat terjadi di Kota Medan sekitarnya.

“Kita sulit melihat Bulan, teleskop ini memiliki keterbatasan yaitu cuaca yang buruk, sepwrti saat ini agak sedikit mendung. Walaupun begitu kita tetap mengupayakan teleskop yang ada untuk melihat terjadinya Gerhana tersebut.” Kata nya.

Dr. H. Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar MA selaku Kepala OIF UMSU mengatakan secara teknis kegiatan ini sudah mempersiapkannya dari beberapa hari yang lalu, mulai dari penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM), pengaturan Lokasi dan Posisi.

“Kami sudah melakukan persiapan dari beberapa hari yang lalu, seperti menyiapkan SDM yaitu petugas untuk menjaga Teleskop dan mendampingi pengunjung, serta bagian peliputan Streming dan Dokumentasi, lokasi dan posisi.Persiapan sudah kami lakukan sedemikian rupa dengan baik.” Ujar nya.

Arwin melanjutkan bahwa tujuan kegiatan pengamatan Gerhana Bulan Parsial ini dilakukan, sebab beberapa faktor dan faaktor utamanya sebagai rutinitas OIF UMSU, dan terakhir karena memiliki keterkaitan dengan Ibadah.

” Maksud dari kegiatan ini pertama itu tentu merupakan bagian dari rutinitas OIF UMSU, kedua tentu dalam konteks Muhammadiyah spesifik nya Islam ,  keterkaitannya dengan ibadah yaitu Sholat Sunnah Gerhana,” lanjutnya.

Ia juga berharap OIF UMSU selalu berguna bagi seluruh masyarakat karena pengetahuan tentang Ilmu Astronomi ini tidak di dapati langsung di bangku sekolah maupun kampus.

“Berharap OIF UMSU tetap berkontribusi, memberikan edukasi kepada masyarakat di bidang Ilmu Falak, Ilmu Astronomi. Bisa dikatakan kajian ini tidak terdapat di sekolah dan di kampus, Sumatera Utara semoga keberadaan kegiatan ini memberikan pencerahan, wawasan kepada masyarakat di bidang pengetahuan Astronomi atau di bidang benda benda Langit,” harap Arwin.

Ade Syafitriani merupakan salah satu pengunjung dan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) mengaku senang dapat hadir dalam kegiatan Gerhana Bulan dan dapat menambah wawasan serta hal positif lainnya.

“Saya senang sekali bisa menyempatkan hadir dan melihat fenomena ini dan kegiatan OIF UMSU menambah wawasan , hal positif  tentang Gerhana kita dapat. Dengan kegiatan ini, mahasiswa yang belum mengerti tentang Gerhana Bulan bisa menjadi paham, akan tetapi sedikit kecewa karena cuaca yang kurang mendukung,” ungkapnya.

Sama hal nya dengan Ade, Ramadoni mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( FEB UMSU) mengatakan meskipun langit tertutup kabut cuaca tidak mendukung, kegiatan ini sangat bagus karena menambah wawasan Gerhana Bulan.

“Acara ini cukup bagus karena menambah wawasan tentang Gerhana Bulan walapun sedikit kecewa karena langit tertutup kabut, cuaca yang tidak mendukung. Semoga OIF UMSU ini menjadi contoh untuk OIF-OIF lain nya yang berada di Sumatera Utara,” ujar Doni.

Reporter : M. Lutfi N, M. Ryzki alhaj

Editor : Mayang Anggraini

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali