UPT Perpustakaan UMSU Berikan Layanan Khusus Buat Mahasiswa yang Ingin Tambah Ilmu

UPT Perpustakaan UMSU Berikan Layanan Khusus Buat Mahasiswa yang Ingin Tambah Ilmu

- in Kabar Kampus
397
0

Teropongonline, Medan – Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengadakan Layanan Khusus Mahasiswa (Kesuma) yang bertempat di Gedung A Perpustakaan UMSU Jl. Kapten Muchtar Basri No.3 Medan. Kamis, (11/07/19). Kesuma terbagi atas enam kelas dengan tajuk berbeda, Creativity Digital Entrepreneur menjadi yang utama dibahas dalam kegiatan ini.

Lima kelas lainnya yaitu, Blog Mahasiswa, Manajemen Referensi, Literasi Informasi, Photografi, Teknik Menulis Fiksi dan akan dilaksanakan dalam beberapa waktu yang akan datang. Utamanya, Kesuma dibuat bertujuan untuk membudayakan diskusi serta memberikan pengetahuan atau ilmu lebih bagi mahasiswa serta belajar tidak hanya dikelas melainkan di luar kelas.

Nur Akmal, S.Pd selaku narasumber kelas Creativity Digital Entrepreneur mengatakan bahwa berwirausaha di dunia digital sangat penting sebab dengan hobi saja dapat dijadikan karya dan menghasilkan uang, selama itu merupakan keahlian pribadi. “Apapun aktivitas yang kita minati itu bisa dijadikan pundi-pundi uang seperti orang memiliki hobi makan, dari hobi itu bisa menghasilkan uang dengan modal mendiskripsikan makanan hingga bisa jalan-jalan keluar negeri,”pungkasnya.

Dalam setengah tahun berkecimpung di dunia digital entrepreneur Nur Akmal mendirikan Hiraki Production. Usaha yang ditawarkan berupa jasa pembuatan logo serta ilustrasi gambar buku anak-anak. Ia pun menjelaskan bahwa mahasiswa tidak perlu bingung untuk membuat karya dan menghasilkan pundi rupiah.

“Ada tiga situs yang dapat mahasiswa akses dalam menjual karya mereka seperti pada situs freelance: fiverr.com, upwork.com atau situs market place : Envato, etsy dan situs microstock : freepik.com, shutterstock.com,”jelas Nur Akmal yang juga Alumni Pers Mahasiswa Teropong UMSU.

Dalam diskusinya, ia melanjutkan prosedur pengiriman karya tersebut dimana mahasiswa harus memiliki akun yang dibuat melalui email. “Karya yang bisa dijual antara lain seperti menulis cerita dengan 1000 karakter, menciptakan logo, membuat maskot, desain brosur, membuat programing game dan masih banyak lagi yang lainnya,”lanjutnya.

Nur Akmal berharap agar mahasiswa peka akan betapa berharganya sebuah nilai karya, karena hobi yang dijadikan sebagai karya mampu memberikan penghasilan yang nyata bagi penciptanya. “Jangan batasi diri, terus berkarya, terus mengembangkan skill yang dimiliki. Jangan abaikan hobi dan skill,karena bisa saja itu menjadi masukan. Sayangnya banyak orang mengabaikan hal itu maksudnya tidak dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Reporter : M. Ryzki Alhaj, Ummuh Hanani

Editor : Mayang Anggraini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

7 Tips Mengerjakan Skripsi Agar Lulus Tepat Waktu

Teropongonline, Medan-Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi