Jangan Takut Mencoba dan Percaya Diri Kunci Azzuhra Jemput Prestasi

Jangan Takut Mencoba dan Percaya Diri Kunci Azzuhra Jemput Prestasi

- in Sosok
284
0

Teropongonline, Medan – Azzuhra Permata Khaira merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara semester VI yang berhasil memenangkan ajang bergengsi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2019 pada tingkat Wilayah I Sumatera Utara yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Berkat kemenangan ini, Azzuhra akan mewakili UMSU untuk tingkat nasional nantinya.

Jalan panjang dilalui Azzuhra, namun tahap demi tahap pun ia lalui dengan sempurna. Mulai dari seleksi Fakultas Kedokteran yang bersaing dengan temannya, perwakilan mahasiswa setiap Fakultas di UMSU, hingga akhirnya terpilih untuk mewakili UMSU dan menjadi yang terbaik satu kala bersaing dengan mahasiswa lain yang ada di Sumatera Utara.

Prestasi yang Azzuhra raih ini tak terlepas dari dukungan seluruh pihak termasuk keluarga, dosen dan kerabat-kerabat terdekatnya. Azzuhra memiliki rasa optimis tinggi, ia menanamkan pada dirinya bahwa kiat untuk meraih prestasi yang paling utama adalah ‘Jangan takut mencoba’. Mindset atau pola pikir takut mencoba menurut Azzuhra menjadi momok yang harus dirubah agar menghasilkan suatu prestasi.

“Ya kalau kita ikut lomba targetnya itu jangan dulu menang, niatkan aja dulu untuk berpartisipasi. Nah ketika sudah dalam perlombaan, itulah bagaimana cara kita berfikir untuk menang. Kebanyakan orang takut untuk mencoba, ah nanti kalah gitu. Jadi kalau bisa mindset itu dihapuskan dulu. Paling tidak kita sudah pernah mencoba, gitu mas,”ceritanya dengan nada ramah.

Wanita kelahiran 14 November 1998 ini menjadikan kata ‘pengalaman’ dalam arti mengikuti berbagai ajang perlombaan ialah kelanjutan untuk menjemput prestasi. “Kalau misalnya kita nggak pernah mencobabagaimana kita mau punya prestasi. Jangan takut untuk mencoba, percaya diri aja gitu! Mencoba tapi ada pengalamannya,”sahut Azzuhra. 

Kepercayaan diri yang tinggi menjadi acuan Azzuhra dalam meraih prestasi-prestasi lainnya baik dibidang akademik maupun non akademik. Patut kiranya, prinsip yang dipegang teguh mahasiswa Fakultas Kedokteran ini menjadi semangat baru mahasiswa UMSU lainnya untuk terus mengejar prestasi.

Kesehariannya, Azzuhra sendiri berusaha untuk menyeimbangkan antara belajar dengan main dan sudah menetapkan dua hal tersebut pada waktunya masing-masing. “Intinya fokus aja gitu mas terhadap apa yang akan dikerjakan, kalau di kampus optimalkan waktunya untuk belajar, fokus mendengarkan karena di kampus ada media untuk bertanya kan dengan dosen berbeda kalau di rumah atau dimanapun,”katanya.    

Azzuhra juga tak mempungkiri bahwa hambatan terbesar yang ia alami saat belajar yaitu handphone, sebab dalam belajar harus berkonsentrasi penuh. Ia menyadari bahwa handphone dapat membuyarkan pikirannya seketika jika ada notif kemudianlangsung membukanya. Maka dari itu Azzuhra mengingatkan pentingnya untuk bisa membagi waktu.

Sesama mahasiswa, dalam proses pembelajaran Azzuhra mengingatkan agar membuang penyakit ikut-ikut teman menuju arah tidak baik bagi diri sendiri dan akan berpengaruh untuk masa depan. “Jangan terikut teman, kalau dijalan yang benar dibawa kita ikuti. Kalau misalnya mereka membawa ke jalan yang salah jangan kita ikuti tapi kalau bisa jangan dijauhi dan kita bawa kejalan yang baik,”motivasinya untuk mahasiswa lain.

Mahasiswa UMSU memiliki potensi yang sangat besar untuk kedepannya. Ide-ide kreatif anak UMSU diakui begitu kreatif, seperti pada saat ajang perlombaan Pilmapres. “Oh ternyata anak UMSU itu kreatif-kreatif ya,”cerita Azzuhra yang mendengar suara sayup-sayup itu dari mahasiswa Universitas lain. Tetapi lanjutnya, kebanyakan mahasiswa sekarang kurang percaya diri, takut mencoba padahal sebenarnya potensi itu ada dalam dirinya. “Semoga mahasiswa UMSU kedepannya mau mencoba untuk berprestasi, jangan takut mencoba!,”pungkasnya penuh semangat.

Sepenggal harapan didoakan Azzuhra agar UMSU kedepannya lebih baik lagi dalam segala hal. Walaupun kampus swasta, ia meyakini bahwa kita bisa terus berprestasi layaknya anak negeri. “Karena UMSU sudah A dan PTS terbaik di Sumut, harapan saya kalau bisa semua Fakultas dan Prodi bisa mendapatkan Akreditas A khususnya Fakultas Kedokteran dan kami harapkan bisa jadi A juga,”harapnya.

Reporter Fuad Saleh Madhy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

“Hati-Hati di Jalan” Warnai Playlist Warganet Saat Ini

Teropongonline, Medan- Penyanyi tanah air Indonesia, Tulus kembali